Jangan Hanya Bermuram, Ini 5 Cara Hadapi Bad Day di Tempat Kerja

Setiap karyawan pasti pernah mengalami hari yang buruk atau bad day di tempat kerja. Saat bad day menimpa semua hal sepertinya tidak ada yang berjalan lancar sehingga membuat Anda merasa sial. Menurut sebuah riset yang dilakukan Harvard Business Review, ketika seorang pekerja mendapatkan hari yang buruk, mood-nya jadi berubah sehingga mengurangi produktivitas. Hal tersebut bisa mengurangi kesempatan mereka untuk dipromosikan hingga membahayakan kesehatan. Agar hari buruk tidak mempengaruhi karier Anda, inilah lima cara menghadapinya:

1. Ambil Langkah
Anda pasti kesal ketika harus datang terlambat, diberikan tugas menyusahkan, dan dimarahi bos di hari yang sama. Namun jangan hanya bermuram atau merengut saja. Ambil sebuah tindakan konkret untuk mengatasinya. Misalnya dengan mengenang atau memikirkan sebuah prestasi yang pernah Anda raih sebelumnya. Dengan begitu diharapkan suasana hati bisa jadi lebih tenang. 

Penulis buku The Happiness Advantage, Shawn Achor pun memberikan sarannya. Ia menganjurkan agar Anda mau menyempatkan diri untuk menulis sebuah surat yang berisi rasa terima kasih untuk seseorang. Atau dengan mengonsumsi makanan sehat dari pada makanan siap saji. Dengan begitu, otak Anda akan merekamnya sebagai sebuah kemenangan atau prestasi yang bisa mengurangi rasa sakit hati terhadap bad day.

2. Ubah Ekspektasi
Shawn menambahkan jika hari yang buruk sering dilatarbelakangi olej terlalu tingginya ekspektasi. Untuk itu, ada baiknya agar Anda mulai mengurangi harapan-harapan berlebih dalam berkarier. Kemudian buat pula sebuah daftar berisi tiga tindakan yang bisa membuat Anda lega jika dilakukan hari ini. Diharapkan Anda dapat sedikit merasa lebih baik.

3. Alihkan Pandangan dan Pemikiran
Ketika kejadian-kejadian buruk yang menimpa membuat Anda benar-benar tidak tahan, coba pindah dari tempat Anda berada. Cari pemandangan yang berbeda dan jika bisa lebih indah. Alihkan pula pikiran dengan mengobrol bersama rekan kerja lainnya secara tatap muka. Annie McKee selaku founder Teleo Leaderhsip Instititute juga menganjurkan untuk banyak-banyak mengatur pernapasan agar lebih tenang.

4. Bersyukur
Selain menuliskan tindakan yang membuat Anda senang, tulis pula tiga hal yang membuat Anda bersyukur hari itu. Dengan begitu, Anda akan menyadari bahwa hidup masih indah dan tak perlu ada yang disesali. Tulis rasa syukur Anda di sebuah tempat yang bisa dilihat setiap saat. Misalnya dengan menulisnya di sebuah kertas kemudian meletakannya di sebelah komputer.

5. Belajar dari Masa Lalu
Tidak ada pengalaman buruk yang sia-sia. Hari yang berjalan dengan tidak semestinya pasti bisa menjadi sebuah pembelajaran untuk memecahkan masalah di kemudian hari. Agar hal tersebut benar terjadi, coba tulis kesalahan-kesalahan yang Anda alami di hari buruk tersebut. Kemudian cari tahu apa yang salah atau menyebabkannya demikian. Diharapkan, Anda bisa bisa mengetahui gejala dan cara menyelesaikan hal serupa di masa depan.

Rahmi Anjani - wolipop

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar