7 Bahasa Tubuh Ini Bisa Buat Wanita Tampak Lebih Percaya Diri

Wanita sering dihadapkan dengan situasi menegangkan yang membuat mereka gugup, misalnya wawancara kerja atau kencan pertama. Di saat-saat seperti itu, kegugupan sering membuat penampilan tak maksimal hingga menurunkan rasa percaya diri. Namun hal tersebut bisa diakali. Profesor Harvard Amy Cuddy melakukan penelitian terhadap bahasa tubuh yang dapat membuat mereka lebih terlebih berdaya. Menurutnya memperbaiki cara berdiri, duduk, dan bicara dapat menaikkan percaya diri hingga menaikan tingkat testoteron hingga 20%. Berikut beberapa caranya:

1. Pundak Tegak
Pundak yang turun bisa mengesankan bahwa Anda tidak tertarik atau minder. Untuk tampil lebih powerful, usahakan agar pundak selalu terlihat tegak dan tidak membungkuk. Wanita memang umumnya menunjukkan bahasa tubuh yang lebih tertutup dari pria sehingga membuat mereka terlihat kurang berdaya. Amy pun menyarankan wanita bersikap seperti pria saat sedang merasa percaya diri, yakni dengan mengangkat dagu, melebarkan kaki, dan mengangkat tangan. Usahakan juga untuk tidak tampak membungkuk karena terlalu banyak main ponsel.

2. Pose Wonder Woman
Agar lebih percaya diri sebelum wawancara kerja, berposelah seperti wonder woman. Yakni dengan berdiri dengan kaki melebar, tangan di pinggang, dan dagu terangkat. Lakukan hal itu selama dua menit untuk menghilangkan kecemasan dan merasa lebih optimis. Cara tersebut juga mempengaruhi hormon dengan menurunkan tingkat hormon sebanyak 25%.

3. Kontak Mata Secukupnya
Jangan lupa menatap mata lawan bicara Anda. Namun pastikan tidak melakukannya secara berlebihan karena bisa membuat pewawancara atau teman kencan tak nyaman. Menurut sebuah studi, pelamar yang terlalu mempertahankan kontak mata dengan perekrut dianggap palsu dan menyolok. Pastikan tatapan Anda tak mengintimidasi.

4. Gigit Pensil
Menggigit pensil untuk menghilangkan rasa minder mungkin terdengar aneh. Namun teknik tersebut patut dilakukan agar Anda lebih mudah tersenyum. Kadang-kadang gugup membuat orang jadi kaku dan tak dapat tersenyum. Padahal perekrut sering menilai pelamar dari sisi kehangatan dan kompetensi. Lakukan hal itu selama dua menit untuk memaksa kontraksi otot sekitar mulut dan mata saat senyum.

5. Tunjuk Jari
Jari ternyata juga berpengaruh untuk menaikkan tingkat percaya diri. Caranya adalah meletakkan tangan di depan wajah dengan sikut di meja. Pastikan bila telapak tangan Anda terbuka dan menunjuk ke atas. Teknik ini sering digunakan polisi kala mengintrogasi tersangka kriminal.

6. Pelankan Suara
Setelah itu, jaga nada suara Anda agar tetap rendah. Orang yang gugup umumnya mengeluarkan suara yang tinggi karena otot menegang akibat stres. Usahakan pula untuk berbicara dengan pelan dan tidak terlalu cepat. Sebelum menghadiri acara penting yang membuat gugup, coba ambil nafas dan ingatkan diri untuk berbicara dengan nada rendah.

7. Jangan Main Rambut
Memainkan atau sering memegang rambut merupakan salah satu tanda kegugupan. Karenanya, coba bersikap tenang dan simpan tangan Anda di paha untuk menghindarinya.

Rahmi Anjani - wolipop

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar