Kapan Saat Terbaik Mengundurkan Diri?

Belum saatnya berhenti kerja jika…
Situasi-situasi yang perlu dipertimbangkan.

Keputusan resign bukanlah keputusan yang bisa diambil dalam keadaan terburu-buru. Ada beberapa situasi dan kondisi yang mengharuskan Anda mengurungkan niat untuk berhenti kerja. Penundaan atau pembatalan resign dapat dilihat dari perkembangan situasi di kantor. Jika masih dalam proses dan mulai terjadi perubahan, sebaiknya Anda menunda niat untuk resign sambil melihat perubahannya. Jika semakin membaik, sebaiknya dibatalkan. Berikut adalah situasi-situasi yang sering terjadi yang menyebabkan seseorang sebaiknya menunda atau membatalkan pengunduran diri:

Situation #1: You’re Not Well Paid
Postpone It!
Setelah Anda mengajukan pemintaan naik gaji, perusahaan memberikan fasilitas atau kenaikan gaji, walaupun tidak setinggi yang Anda inginkan. Namun jangan cepat puas. Tetaplah cari perusahaan lain yang bisa memberikan gaji dan kesejahteraan yang lebih baik dibandingkan perusahaan tempat Anda bekerja sekarang.

Cancel It!
Kebanyakan orang menganggap, perbaikan yang dialami seorang karyawan di kantornya adalah perbaikan gaji. Akan tetapi, ada hal-hal lain yang mampu memberikan kepuasan dalam bekerja selain kenaikan gaji. Perbaikan fasilitas dan kesejahteraan, misalnya. Jika perbaikan kesejahteraan yang Anda terima signifikan meskipun tanpa diiringi kenaikan gaji yang juga signifikan, kenapa harus resign? 

Situation #2: You Dislike Your Work Environment
Postpone It!
Pada masa probation, biasanya seseorang akan merasakan lingkungan kerjanya asing sehingga muncul perasaan tidak nyaman. Ada kalanya dalam masa ini seseorang memiliki keinginan untuk resign. Sebaiknya tunda dulu dan lihat keadaan hingga masa probation selesai. Begitu pula jika bermasalah dengan atasan. Jika Anda belum mengenal atasan dengan baik namun langsung memberi cap buruk, perlahan-lahan ubahlah opini Anda.  Cobalah lakukan aktivitas bersama dengannya dan buktikan ketidaksukaan Anda tersebut, apakah benar atau salah.

Cancel It!
Seiring berjalannya waktu, Anda sudah merasa ‘klik’ dengan rekan kerja, atasan, dan gaya kerja mereka masing-masing. Anda juga sudah dapat menyesuaikan diri dengan berbagai hal-hal yang tadinya membuat Anda tak nyaman. 

Situation #3: You’re Undervalued or You’re in the Wrong Job
Postpone It!
Ketika perusahaan menunjukkan apresiasi lebih dengan memberikan tugas yang sesuai kemampuan Anda, atau ketika perusahaan memberikan kesempatan untuk belajar dan mengirim Anda untuk mengikuti training, seminar, atau workshop. Hal ini merupakan keuntungan bagi Anda untuk memperkaya dan mengembangkan kemampuan diri.

Cancel It!
Ketika Anda diberikan jabatan baru atau dipindahkan ke divisi yang memang sesuai dengan expertise Anda, atau ketika training, seminar, ataupun workshop yang Anda ikuti membuahkan hasil dan memberikan keterampilan baru.

RD
NARASUMBER: JESSICA JILLIAN WIDJAJA (EXPERD CONSULTANT)

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar