6 Kebiasaan Sepele di Kantor yang Bikin Anda Kurang Sehat

Pada orang dewasa, gangguan kesehatan sering diakibatkan karena tuntutan pekerjaan. Ketika tugas menumpuk atau membuat tertekan, tubuh menjadi lelah sehingga rentan terkena penyakit. Ternyata bukan hanya banyak kerja saja yang membuat Anda jadi sakit kemudian sering izin. Beberapa kebiasaan sepele dan tidak terduga juga bisa menjadikan Anda perlahan kurang sehat. Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk di kantor tersebut?

1. Duduk Membungkuk di Kursi

Ketika rasa lelah atau bosan menghinggapi, para pegawai sering duduk dengan membungkuk. Meski sesekali Anda perlu bersantai, hal tersebut harus dihindari karena merupakan kebiasaan yang buruk. Dikutip dari AOL, terlalu banyak duduk seperti itu dapat menggangu kesehatan karena menyebabkan Anda rentan mengalami masalah tulang belakang. Ketika tubuh sudah terbiasa membungkuk, Anda bisa terlihat seperti pegawai yang kurang semangat dan tidak tegas.

2. Bawa Ponsel ke Toilet
Membawa ponsel ke toilet mungkin merupakan kebiasaan sepele lain yang sering Anda lakukan. Hal ini sepertinya harus segera mulai kurangi, terutama ketika berada di tempat kerja. Selain menghindari ponsel tertinggal, kebiasaan buruk tersebut bisa membahayakan kesehatan. Bagaimana tidak, berbagai bakteri dan kuman yang bersarang di kamar mandi umum itu bisa menempel di handphone Anda. Padahal ponsel tersebut sudah seperti sahabat yang sering dibawa kemana-mana, tak terkecuali ketika tidur. 

3. Menyilangkan Kaki
Duduk sambil menyilangkan kaki merupakan posisi nyaman bagi banyak pegawai di kantor. Namun ada baiknya hal tersebut tidak dilakukan terlalu sering karena merupakan salah satu kebiasaan buruk. Menyilangkan kaki dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan nyeri di beberapa bagian tubuh, seperti punggung dan leher. Kondisi sakit itu bahkan bisa berlangsung cukup lama.

4. Masuk Kerja Saat Sakit
Ketika Anda sedang kurang enak badan sebaiknya izin saja untuk tidak masuk kantor. Karena jika tetap memaksakan diri masuk kerja dengan kondisi sakit, kebiasaan buruk itu akan memperparah keadaan. Penyakit Anda bisa sembuh dalam waktu yang lama karena kurang istirahat. Jika benar-benar banyak pekerjaan, coba minta bawa pulang beberapa tugas sehingga bisa sedikit dicicil di rumah. Kalau tidak perlu dikerjakan cepat-cepat, pergunakan lah waktu untuk istirahat total.

5. Bersandar Pada Lengan
Kebiasaan sepele ini mungkin sering Anda lakukan ketika mengantuk. Bagaimana menyandarkan wajah pada lengan bisa menjadi salah satu kebiasaan buruk di kantor? Alasannya adalah karena hal itu bisa membahayakan kesehatan kulit. Ketika telapak tangan Anda yang kotor menyentuh wajah, bakteri dan kuman bisa menempel dan menyebabkan jerawat. Tentu Anda tak ingin bukan jika pekerjaan mengganggu kecantikan?

6. Menggosok Mata
Karena lelah menatap layar komputer banyak pegawai menggosok mata mereka. Tentu hal tersebut patut dihindari karena akan merusak penglihatan. Apakagi ketika Anda menggunakan makeup. Produk riasan bisa masuk ke mata dan menyebabkannya menjadi merah, gatal, bahkan infeksi.

Rahmi Anjani - wolipop

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar