7 Tanda Karyawan Stres karena Beban Pekerjaan

Karier memang seharusnya menantang dan membuat Anda mengerahkan segala kemampuan dan potensi secara maksimal. Namun tanggung jawab yang terlalu besar membuat beberapa pekerja jadi merasa tertekan berlebihan. Kondisi tersebut pun tidak selalu disadari oleh para pekerja.

Sejumlah karyawan bahkan menganggap hal itu sebagai sesuatu yang wajar kemudian memutuskan untuk tidak terlalu memedulikannya. Alhasil, situasi tersebut kerap membawa mereka ke dalam rasa stres yang mempengaruhi kesehatan fisik dan jiwa. Agar Anda tidak bernasib serupa, kenali tujuh tanda rasa tertekan dalam bekerja berikut ini:

1. Terlalu Sinis
Pernahkah Anda dikritik rekan atau atasan karena bersikap terlalu sinis terhadap berbagai hal? Mungkin Anda sedang tertekan dalam pekerjaan. Dikutip dari situs Dailyworth, bersikap negatif adalah salah satu respon umum ketika seseorang tengah berusaha mengatasi stres. Hal ini tentu harus 'disembuhkan' karena bisa merusak reputasi.

2. Ingin Kabur
Sering merasa ingin kabur dari kantor juga merupakan salah satu tanda Anda tengah stres dalam menghadapi pekerjaan. Para ahli mengatakan bahwa niat untuk melarikan diri juga merupakan salah satu mekanisme otak dalam mengatasi sebuah masalah. Daripada kabur tanpa ada kabar, lebih baik Anda meminta cuti pada atasan saat tumpukan pekerjaan sudah berangsur terselesaikan.

3. Salah dalam Mengerjakan Tugas Mudah
Ketika Anda merasa tertekan, otak dan tubuh menjadi tidak fokus dalam melakukan berbagai hal. Termasuk ketika mengerjakan tugas-tugas harian yang sebenarnya tergolong mudah. Untuk mengatasinya, coba lepaskanlah rasa stres dengan berbagi tugas yang sulit bersama rekan lainnya.

4. Selalu Lelah
Sudah istirahat dengan cukup namun masih saja mengantuk ketika berada di kantor? Stres terhadap beban atau tanggung jawab kerja yang terlalu tinggi membuat beberapa orang letih padahal tidak melakukan aktivitas berat. Hal tersebut terjadi karena Anda merasa lelah secara emosional.

5. Cepat Marah
Hal-hal kecil bisa membuat kesal orang-orang yang sedang tertekan dalam kehidupan kariernya. Dia pun menjadi mudah marah, tersinggung, hingga menyalahkan orang lain. Bukan hanya berdampak buruk bagi orang-orang sekitar, Anda pun akan merasa lelah sendiri. Bagi Anda yang merasa tengah mengalami kondisi serupa, mulailah untuk lebih relaks dalam menghadapi beban kerja. 

6. Meragukan Diri Sendiri
Selain sering menyalahkan orang lain, para pekerja yang sedang stres berat terhadap karier juga jadi kerap meragukan diri sendiri. Hal tersebut diakibatkan oleh rasa tertekan yang perlahan mengikis rasa percaya diri atas kemampuan pribadi.

7. Sering Sakit
Terlalu banyak pikiran juga membuat Anda jadi akan membuat Ada sakit tanpa sebab. Penyakit yang timbul juga bisa bermacam-macam mulai dari flu hingga masalah jantung.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengambil cuti untuk liburan ke tempat-tempat yang menyegarkan. Atau dengan mencari cara baru yang lebih menyenangkan dalam bekerja dan memecahkan masalah. Jika belum bisa melakukan keduanya, minta saja teman-teman untuk menyemangati dan tersenyum pada Anda ketika Anda terlihat sedang sangat stres.

Rahmi Anjani - wolipop

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar