5 Cara Untuk Mengembangkan Karier



Merasa karier Anda tak berkembang? Lakukan 5 hal berikut. 
Banyak orang yang berpikir ketika merasa tidak berkembang di sebuah perusahaan, artinya ia tidak cocok bekerja di tempat tersebut dan langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan lain yang harapannya bisa membuat seseorang lebih mengeksplorasi diri dan produktif. Lakukanlah evaluasi terhadap hal-hal berikut ini sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk pindah ke ‘ladang’ yang baru:

1. Tingkatkan Kinerja

Salah satu alasan mengapa Anda tidak diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan lebih mendalam adalah kemungkinan atasan melihat kinerja Anda yang tidak begitu baik. Untuk itu, datanglah ke kantor lebih awal, setidaknya tidak melebihi waktu kedatangan yang ditentukan, dan bekerjalah lebih fokus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Perbanyak Wawasan
Para atasan percaya bahwa karyawan mereka yang cerdas dan berwawasan luas akan sangat membantu proyek-proyek yang sedang dijalankan. Karyawan yang cerdas ibarat sebuah GPS bagi mereka yang akan menjadi informan kemana perusahaan harus bergerak. Misalkan saja Anda bekerja di bidang finance, maka usahakan Anda selalu mengikuti perkembangan berita seputar keuangan. Anda bisa membuka beberapa portal berita untuk menambah wawasan sebelum mulai bekerja.

3. Perluas Jaringan
Dengan mengenal dan dekat dengan lebih banyak klien, Anda akan menjadi aset perusahaan dimana atasan akan mulai bergantung pada Anda sebagai perantara antara klien dan perusahaan. Jadi, gunakanlah kesempatan yang ada sebaik mungkin. Jika Anda diundang ke dalam sebuah pertemuan dengan klien, jalinlah hubungan yang baik dan usahakan klien nyaman dengan kehadiran Anda, sehingga nama Anda akan diingat oleh klien tersebut.

4. Proaktif
Karyawan yang aktif selalu menjadi anak mas atasannya. Misalnya atasan Anda tiba-tiba sakit dan tidak bisa menghadiri pertemuan dengan kolega, cobalah untuk menawarkan diri Anda untuk menggantikannya. Tetapi berhati-hatilah, karena kondisi ini bisa jadi bumerang bagi Anda jika tidak memiliki cukup persiapan. Selain itu usahakan untuk selalu aktif menyumbang ide dalam rapat.

5. Lebih Peka Terhadap Sekitar
Meskipun bukan tanggung jawab Anda, tak ada salahnya jika Anda menawarkan bantuan ketika rekan kerja sedang kesulitan. Dengan catatan, jangan sampai Anda kelewat batas hingga dianggap ikut campur urusan orang. Biasakan bertanya dahulu sebelum melakukannya.

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar