Tips Menabung dari Wanita yang Sukses Kumpulkan Rp 370 Juta dalam 13 Bulan

Untuk sebagian orang, menabung Rp 1 juta per bulan saja sudah sangat susah. Apalagi Rp 370 juta dalam waktu 13 bulan. Namun wanita bernama Canna Campbell ini membuktikan bahwa tak ada yang tak mungkin jika Anda mengusahakan. 

Anda mungkin berpikir jika orang tersebut punya banyak penghasilan dan memang orang kaya. Tapi Canna meyakinkan jika terkumpulnya uang $36,000 dolar Australia itu adalah berkat usahanya menghemat, menjual barang, hingga berinvestasi.

Kesuksesan Canna mengumpulkan $36,000 tersebut diumumkannya di akun
Youtube Sugar Mama. Tabungan ini merupakan hasil dari $1000 Project yang dijalankannya selama 13 bulan. Dalam video, founder Sugar Mama ini mengungkap tipsnya untuk bisa menabung sebanyak itu. Bagaimana caranya?

"Yang aku lakukan adalah menabung dan berinvestasi, bahwa $36,000 itu datang dari kerja kerasku melampaui apa yang biasa aku lakukan," kata Canna yang merupakan single mother tersebut.

Tidak punya penghasilan banyak, uang Rp 370 jutaan berhasil dikumpulkannya berkat investasi, proyek sampingan, hingga bekerja saat weekend. Ia pun menyewakan rumahnya ketika akhir pekan untuk Airbnb. Sehari-hari, Canna menerapkan gaya hidup minimalis, menjual sejumlah furnitur dan busana tak terpakai, hingga membeli busana bekas tak terpakai. 

"Aku melakukan hal-hal kecil seperti membawa bekal ke kantor dan aku menjadi sangat sadar dan hati-hati dengan caraku menghabiskan uang. Aku benar-benar tidak melihat ke belakang dalam hal menabung dan cara mendapat serta menciptakan uang tambahan dalam hidup. Ketika aku punya uang aku menunjukkan rasa berterimakasih dan mendedikasikannya untuk rekening tabungan $1000 Project," tambahnya.

Canna pun mengakui jika proyeknya ini tidaklah mudah. Ibu satu anak tersebut mengatakan bahwa ada banyak waktu di mana dia merasa lelah, frustasi, dan tak sadar menunggu waktu proyeknya selesai. Namun ia mencari cara untuk tetap fokus dan termotifasi. Salah satunya adalah dengan membayangkan bagaimana rasanya jika uang sudah terkumpul. 

"Aku memikirkan tentang kebebasan yang akan itu diberikan kepadaku, kesempatan, kemewahan, melihat uangku bekerja untukku. Aku tidak pernah berkata tidak pada apapun dan aku mengerti kekuatan dari hal-hal kecil dan setiap kali aku menaruh uang di akun tersebut aku berterima kasih," tutur Canna.

Proyek ini pun ternyata bukan hanya menguntungkan bagi Canna sendiri namun orang lain yang membutuhkan. Ia mengaku telah menyumbangkan penghasilan pasif dari investasi sebesar $3,650 per tahun dan uang itu telah didonasikan 100% untuk panti asuhan Pa Van Der Steur di Jakarta.

Rahmi Anjani
Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar