Ini Industri dan Bidang Kerja yang Paling Banyak Butuh Anak Magang

Magang dibutuhkan pekerja demi menambahkan ilmu dan pengalaman sebelum memasuki industri kerja yang sebenarnya. Biasanya orang yang punya banyak pengalaman magang akan lebih dipertimbangkan ketika melamar kerja. Sayangnya kadang mahasiswa dan fresh graduate kesulitan mendapat informasi lowongan atau diterima magang. Padahal di waktu yang bersamaan perusahaan sebenarnya juga membutuhkan tenaga magang.

Platform komunitas online Jobplanet pun melakukan penelitian mengenai kebutuhan anak magang di perusahaan. Riset ini didasarkan pada informasi lowongan magang yang kerap ditampilkan dalam situs tersebut. Terungkaplah jika kini anak magang semakin dibutuhkan. Dianalisa pula industri dan bidang kerja apa saja yang paling banyak butuh anak magang.

"Tren perekrutan mahasiswa magang oleh perusahaan di Indonesia memang menunjukkan pertumbuhan pada setiap kuartal dalam satu tahun terakhir. Meski begitu jika dibandingkan dengan keseluruhan lowongan kerja yang ada di situs Jobplanet, jumlah lowongan kerja magang dapat dikatakan masih amat kercil atau hanya sebesar 0,4% dari keseluruhan informasi lowongan kerja yang ada di Joplanet," ungkap Kemas Antonius selaku Chied Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Untuk Anda yang sedang mencari lowongan internship, berikut lima industri yang menurut riset paling butuh anak magang. 

1. Industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (29,10%)
Perusahaan TI umumnya bergelut dengan keamanan jaringan, pengembangan software dan aplikasi, telekomunikasi, internet, serta konsultasi TI. Pekerjaan magang terkait TI umumnya juga banyak dibutuhkan dalam digital startup.

2. Industri Manufaktur (15,92%)
Industri manufaktur bergerak dalam bidang tekstil dan garmen, kosmetika, kerajinan, perlengkapan rumah tangga, dan elektronika. Industri ini juga cukup butuh banyak anak magang.

3. Industri Ritel dan Distribusi (13,29%)
Industri ini biasanya bergelut dalam bidang perdagangan dan logistik. Anak magang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan di pertokoan, minimarket, supermarket, dan hipermarket. 

4. Industri Perbankan dan Keuangan
Bidang keuangan juga banyak membuka lowongan pekerjaan. Anak magang dapat ditempatkan di bidang perbankan, investasi, dan asuransi.

5. Industri Pelayanan
Industri berikut umumnya mengurusi bagian jasa dan pariwisita. Pekerjaan magang diperlukan dalam event organizer, perawatan kesehatan dan kecantikan, serta hotel. 

Sedangkan bidang kerja yang banyak menarik tenaga kerja magang, antara lain:

1. Administrasi (16,14%)
2. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perekrutan (11,07%)
3. Keuangan dan Akuntasi (9,81%)
4. Pemasaran (7,91%)
5. Desain Grafis (5,70%)

Rahmi Anjani
Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar