Mengenal apa itu Medical Representative

Kebanyakan orang belum mengetahui profesi yang satu ini. Padahal karena merekalah Dokter ataupun prescriber bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai obat, cara pengobatan, teknik pengobatan, maupun alat kesehatan yang bisa menunjang keahlian Dokter maupun prescriber. 
Medical Representative bisa didefinisikan sebagai duta perusahaan / seseorang yang dipercaya untuk mewakili perusahaan guna mempromosikan produk secara professional, kredibel, dan berintegritas. Istilah lainnya adalah Detailer, karena dalam melaksanakan tugasnya, seorang Medical Representative harus mampu menjelaskan seluk beluk produk yang ditawarkan secara detail kepada customernya.


Medical Representative atau Detailer ini dibutuhkan oleh perusahaan farmasi sebagai perpanjangan tangan agar produknya diketahui oleh Dokter atau prescriber. Produk yang ditawarkan adalah produk yang memerlukan resep agar bisa dikonsumsi oleh pasien. Biasanya produk tersebut memiliki tanda khusus, yakni Red Dot, yakni tanda lingkaran merah yang berarti tidak dijual bebas dan memerlukan resep Dokter.

Saat ini ada sekitar 199 perusahaan farmasi yang beroperasi di Indonesia. Apabila masing-masing perusahaan farmasi tersebut memiliki 200 tenaga Medical Representative, maka total jumlah Medical Representative yang ada adalah 39.800 orang. Jumlah ini sangat besar sekali! Dikarena turn-over di perusahaan farmasi tinggi, maka kebutuhan akan tenaga Medical Representative akan selalu tinggi, bahkan jumlahnya akan semakin meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk dan Dokter atau prescriber. Jadi peluang menjadi seorang Medical Representative sangat terbuka lebar! 

Syarat untuk memasukkan lamaran sebagai seorang Medical Representative sangatlah mudah, biasanya perusahaan farmasi hanya mensyaratkan hal-hal sebagai berikut: 

  • lulusan D3 atau S1 dari segala jurusan, namun jurusan eksak biasanya jauh lebih disukai (meskipun ada beberapa perusahaan dalam negeri yang mau menerima lulusan SMU) 
  • usia maksimal 27 tahun (untuk fresh graduate, dan maksimal 30 tahun untuk yang telah berpengalaman) 
  • mau ditempatkan di seluruh Indonesia 
  • memiliki SIM C , karena kendaraan operasionalnya adalah sepeda motor 
  • memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus, penuh semangat dan antusiasme tinggi 

Apabila Anda memenuhi kriteria tersebut, jangan ragu untuk melamar posisi tersebut! Untuk membekali Anda, silakan klik artikel Bagaimana Membuat Surat lamaran yang Baik dan artikel mengenai Tips Menghadapi Interview
Untuk melihat dan mendownload daftar perusahaan farmasi di Indonesia, silakan klik Daftar Perusahaan Farmasi Di Indonesia.

Klik ini: e-book Medical Representative , berisi ulasan lengkap mengenai dunia Medreps!

Penulis : Moh. Bambang Pamungkas

Artikel Terkait :

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.

44 komentar:

  1. untuk PMA farmasi biasanya jg mensyaratkan adanya sertivikasi PEDFI bos.

    BalasHapus
  2. yup, bos benar... memang untuk PMA ada yang mensyaratkan telah mendapatkan sertifikat PEDFI. Tenkyu masukannya...

    BalasHapus
  3. mohon ijin gunakan infonya untuk blog saya (saya akan link ke sini)

    http://blogdokterandre.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan dok... terima kasih atas perhatiannya..

      Hapus
  4. Terima kasih banyak atas infonya, saya barusaja ditawari kerja sebagai medical representative dan saya sangat tertarik karena memang sudah lama saya ingin bekerja,
    Masalahnya salah satu persyaratannya adalah harus punya motor dan SIM C.
    Saya belum punya SIM dan masih takut untuk bawa motor ke jalan raya apalagi jalanan jakarta yg padat banget.
    Apakah masih bisa saya diterima kerja dibidang ini atau sudah ga ada harapan buat saya bisa diterima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dini, terima kasih atas kunjungannya. Beruntung sekali ya mendapatkan tawaran kerja sebagai medreps, gak banyak loh yang ditawarkan seperti itu. Saran saya, kalau mbak Dini sudah mantap menerima tawaran tersebut, segeralah penuhi kualifikasi dan persyaratannya. Karena sebagai seorang medreps dibutuhkan mobilitas yang cepat, tentunya motorlah salah satu solusinya, maka segeralah buat SIM C, dan beranikan diri naik motor di jalanan Jakarta. Mungkin pada awalnya masih taku2, tapi selanjutnya akan terasa biasa saja. Mosok mau pakai ojek terus untuk detailing ke dokter2? Kan boros..lagian merepotkan juga tho? Itung-itung, dengan punya SIM C dan berani naik motor, kan ada keuntungan lebih yang sekarang dimiliki...

      Hapus
  5. Saya sudah diterima di pt soho menjadi medref tapi jujur saya belom ada pengalaman di bidang itu dan besok sudah mulai kerja, mohon penjelasan nya pak?

    BalasHapus
  6. besok baru masuk untuk training kan? dinikmati saja masa perkenalannya ato anggap saja sebagai bulan madu...

    kalau enjoy, silakan lanjutkan..

    kalo gak enjoy, cari tahu dulu di mana nggak enjoynya... siapa tahu nggak enjoy karena kita kurang mau berlatih dan belajar... kan sayang,,, banyak loh yang pengen bekerja seperti Anda..

    BalasHapus
  7. JASA KONSULTAN PENDIDIKAN BIMBEL DAN MOTIVATION CHARACTER BUILDING
    Bersama BKB XPERT MULTITALENTA INDONESIA BOGOR
    FOKUS, TOTAL DAN GEMILANG
    Bimbel Plus Kharismatik dan Ternama di Bogor (Spesialis Privat)
    Melayani Jasa layanan Tambahan :
    1. Pendampingan Siswa Berprestasi dalam Kompetisi Olimpiade MIPA SD-SMP-SMA
    2. Program Privat Matematika On Line Jarak Jauh (Pelajar dan Mahasiswa)
    Media Komunikaasi Pembelajaran : Facebook, What’s App, Email, Blog, BBM, Twitter.
    3. Inhouse Training Pembekalan Manajemen Outlet Singkat :
    (Manajemen Praktis dan Aneka Tips Jitu Buka Usaha Franchise Bimbel Plus Rumahan)
    Harga Paket Starter Kit Bisnis Hanya Rp. 300.000,- (Bebas Ongkir Wilayah Jabotabek)
    4. Pembuatan Soal-Soal Ulangan harian, Try Out Ujian Semester, Soal Ujian Nasional dan Soal SBMPTN beserta Soal Kisi-Kisi/ Prediksi Plus Soal
    5. Pendidikan Pembangunan Karakter Anak (Motivation Building) Paket Outbound Training Pengurus Organisasi RT/RW, OSIS Sekolah, Organisasi Kemasyarakatan, Perkantoran dan Instansi Pemerintahan. (Bersama Tim Independen Golden Training)
    6. Sales Modul Mata pelajaran Lengkap SD, SMP, SMA.
    7. Sales CD Multimedia Zenius Learning (Semua Mapel Lengkap Per Jenjang kelas)
    Solusi Bijak Investasi dan Berprestasi (Tunggu Apa lagi Daftarkan Sekarang Juga)
    Kami hanya melayani Pelanggan yang serius dan berminat.
    HUBUNGI SEGERA : IBU YENI SURYANI (Head of Academic and Finance)
    HOT LINE NEWS : HP. 08561321290/HP. 087874078105/HP.081293737515
    email : xpertbogor@gmail.com, wisnuxpert@yahoo.com
    Kunjungi segera : www.bkbxpertbogor.blogspot.com

    BalasHapus
  8. selamat pagi min, saya di tawarkan kerja sebagai medreps. dan besok saya mendapat panggilan. katanya sih akan ada psikotes dulu. hmm jdi apakah anda tau psikotes seperti apa yang akan mereka berikan? terimaksih min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. met malam, menjelang tahun baru mas! psikotesnya sih standar saja mas,,,gunanya untuk mengetahui minat dan kemampuan kandidat, kalau sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, ya akan diterima. Kalau minat dan kemampuannya tidak cocok, ya tidak lolos. Itulah gunanya psikotes,,, sebagai penyelamat bagi kandidat agar tidak terjebak dalam sebuah profesi yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuannya. Tetap berjuang, tetap semangat, dan sukses ya!

      Hapus
  9. mas saya panggilan di PT.PHAROS. udah 2x panggian tapi saya ngk hadir....ini yang ke 3x nya...niatnya besok mau datang..bagaimana ya mas prospek PT tsb kalaw mnurut spengetahuan mas..dan apa ya produknya...bngung soaanyamsh perdana ane mas...makasih sbelumnya atas saranya mas...mohon pencerahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh maaf sekali baru sempat balas... sebenarnya di mana saja kita bekerja, hasilnya akan baik selama kita bisa berkontribusi yang baik pula,,yang jelek itu kalau perusahaan tidak menghargai kontribusi kita dengan sepadan,,,PT Pharos seingat saya yang paling berkesan adalah psikotesnya, bisa seharian kata teman-teman dahulu yang pernah ikut tes. Kalau sudah diterima, bekerjalah dengan penuh rasa syukur, berikan kontribusi positif kepada perusahaan, sambil tetap belajar dan berlatih, serta menambah network, sehingga apabila dirasa ingin mengembangkan diri lagi bisa melamar ke perusahaan lain, akan lebih mudah. Saran saya, bekerjalah minimal 1 tahun, agar pengalaman tersebut bisa memiliki nilai jual.

      Hapus
  10. Malem mas bambang. Kalau medreps vaksin apakah sma dgn obat biasa? Pangsa pasarnya gmna, atau apakah banyak pesaingnya? Mksh mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada prinsipnya sama mas,,pangsa pasarnya juga besar,,sementara pemainnya tidak sebanyak obat biasa...so, jangan khawatir, tetap berjuang dan berusaha,,insya Allah akan sukses!

      Hapus
  11. Pa saya mw nannya apa bedanya mesical sama depres

    BalasHapus
    Balasan
    1. depres itu apa pak? maaf saya belum paham definisi depres itu apa..

      Hapus
  12. Waaah saya minta izin ya pak untuk mengambil info dari blog bapak untuk saya share di blog saya. Kebetulan saya juga bagian dari recruitment Eisai Indonesia. Mau menambah info tentang reps yang akan saya recruit nantinya :)
    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo silakan mbak Nourmalita, senang sekali rasanya kalau blog ini bermanfaat. Sukses ya!

      Hapus
  13. Saya bekerja di PT OTSUKA INDONESIA, dan menjadi medrep menurut saya adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan, apalagi di kalangan muda. Tantangan sbg pemicu motivasi agar tidak merasa takut dgn hal apapun dan mencoba mencari celah agar bs mencapai apa yang kita harapkan. So? Utk kalangan muda! COCOK banget! Semangat masih banyak, energi sangat cukup dan so pasti ini lebih menantang kawan :D

    BalasHapus
  14. Hallo, sy bergabung dgn perusahaan anti aging dr america dan ada jurnal ilmiah international, bahkan masuk di liputan discovery channel...

    Kami sdg membagun jalur2 distribusi diseluruh indonesia. Kantor kami di gayot subroto jakarta.konsep perushaan kami adl franchise

    Jika ada yg berminat bergabung dgn perushaan kami, contact me di 081319092819

    BalasHapus
  15. Blognya sangat bermanfaat... besok saya ada panggilan interviw... mohon doanya yah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah bila dirasakan bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya. Bagaimana interviewnya> Bisa dishare di sini koq ceritanya.. Selamat ya, semoga diterima. Aamiin

      Hapus
  16. Mas Bambang, saya dapet sms dr PT.OTTO PHARMACEUTICAL di Bandar Lampung utk interview. Saya ini lulusan dr akuntansi mas, menurut mas apakah bisa dr jurusan ekonomi terjun ke bidang farmasi (medrep). Saya sama sekali buta tentang medrep mas, saya ga tau apa-apa ttg medrep, mohon pencerahannya ya mas..Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa2 mas, dari jurusan apa saja boleh sebenarnya, asal kita mau belajar hal baru dan tidak berhenti untuk mengembangkan diri. tekuni betul setiap pekerjaan kita, insya Allah hasilnya akan baik. Sukses ya!

      Hapus
  17. Saya baru aja dapet email dari pt dipa healtcare untuk tes psikotes tapi masih ragu dateng apa ngga soalnya saya dari bandung dan tes dijakarta saya takut kalo saya dateng dan hasilnya ga memuaskan saya takut ngecewain orangtua saya.

    BalasHapus
  18. Saya baru aja dapet email dari pt dipa healtcare untuk tes psikotes tapi masih ragu dateng apa ngga soalnya saya dari bandung dan tes dijakarta saya takut kalo saya dateng dan hasilnya ga memuaskan saya takut ngecewain orangtua saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat ya mbak sudah dapat panggilan tes. Hmm...yg dimaksud hasil tidak memuaskan itu seperti apa sih? Banyak loh pelamar yang tidak berkesempatan bagus diundang untuk mengikuti psikotes...Sayang kalau dilewatkan...kalau ikut psikotes, paling tidak kita sudah berusaha. Kalau tidak ikut, sudah pasti tahu kan hasilnya bagaimana?

      Hapus
  19. Selamat sore bapak,,, hari kamis saya akan melakukan walk interview di PT Phapros semarang,,,, karena tadi saya habis job fair dan diperkenankan hadir di hari kamis untuk posisi medrep,,,, yg ingin saya tanyakan untuk salaray nya berkisar berapa ya pak? Mengingat saya lulusan s1 hukum dan pastinya saya buta akan farmasi terimakasih salam๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salarynya biasanya di atas UMR, plus tambahan tunjangan-tunjangan lainnya. jadi take home paynya lumayan besar laah... yang penting semangat dan penuh antusias untuk mau belajar hal baru, insya Allah sukses di dalam karir dan penghasilan. Good luck ya!

      Hapus
  20. Saya sdh interview di phapros dan sdh lewat 1minggu lbh...sy nunggu kbr psikotes smpe skrg blm ada panggilan lg yaa...apa ini yg dinmakan gagal??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Mohammad Sobah,,,yang tahu pasti tentunya pihak Phapros. Sekiranya kemarin punya kontaknya, tentunya bisa ditanyakan langsung. Karena belum pasti, yang sabar dan berdo'a saja mas, semoga diberikan hasil yang terbaik. Psikotes berfungsi untuk mengetahui cocok tidakkah seorang kandidat di posisi yang ditawarkan. jangan sampai nantinya diterima, eh...malah kandidatnya jadi tertekan dan stress karena pekerjaannya yang tidak cocok dgn minatnya. Kerugian ada di pihak kandidat dan juga perusahaan tentunya..

      Tetap semangat ya mas!

      Hapus
  21. Maaf mas, mbak. Mau bertanya dong. Ujian PEDFI ini infonya biasanya didapat darimana ya? Dan ujiannya dimana? Terima kasih ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  22. Sore mas, kemarin saya baru saja tes psikotes dan wawancara di kalbe vision sebagai medrep atau detailer.sebenarnya apa itu medrep dan tugasnya apa?saya dengar dari teman harus kuat imannya? Apa pekerjaan ini mengandung sedikit rezeki yang tidak halal mohon penjeleasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas Yasin baru balas... untuk mengetahui apa itu medreps dan tugasnya, bisa dibaca di blog ini, artikelnya insya Allah komplit koq. Atau kalau nggak, baca saja ebooknya, informasinya jauh lebih lengkap.

      Saya tidak tahu persis apa maksud teman mas tersebut mengenai iman harus kuat. Coba tanyakan lagi kepada yang bersangkutan agar lebih jelas. Atau adakah teman pembaca lainnya bisa membantu?

      Hapus
  23. assalamualaikum
    terimanakasih artikelnya sangat bermanfaat.
    pak saya mau tanya apkah jadi madreb itu bner bener harus standbay 24 jam.apakah bnyak dokter yang bisa ketemu tengah malem.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam warohmatulloohi wabarokaatuh.

      Ya tidak stand by 24 jam, jam kerjanya saja yang berbeda, sesuai dengan jam praktek dokter. jadi ada yang bisa ditemui pagi hingga siang, biasanya di RS. Kalau di tempat praktek pribadi, biasanya malam...

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Pengalaman saya bekerja sebagai medrep Sangat mengesankan sekali.
    Sebelumnya saya bekerja sebagai sales/marketing alat2 kesehatan.
    Berdasarkan pengalaman tersebut akhirnya saya ditawarkan untuk bergabung di salah satu perusahaan farmasi asal amerika.
    Alhamdulillah tahun pertama saya bekerja produktifitas saya cukup bagus, sehingga saya mendapatkan reward jalan2 ke negeri sakura & bertemu dengan teman2 medrep dari Singapore, malaysia, taiwan & Philippine.
    Tahun kedua saya kembali mendapatkan reward jalan2 kembali ke luar negeri & berkesempatan bertemu dengan teman2 dari 55 negara. Bukan hanya itu, bahkan saya bisa mengajak adik saya yg sebelumnya belum pernah merasakan naik pesawat untuk menemani saya, karena utk reward di tahun kedua kami boleh membawa partner.

    Saya merasa pekerjaan sebagai medrep sangat istimewa. Selain reward dan insentif yang cukup lumayan, dari segi ilmu dan pengalaman yg didapat juga sangat luar biasa.
    Saya yg background pendidikannya adalah ilmu sosial, bahkan bisa mempelajari ilmu2 kedokteran dan kefarmasian.

    Jadi menurut saya jika ada teman2 yg mendapatkan penawaran atau kesempatan bekerja sebagai medrep, segera manfaatkan peluang tersebut

    BalasHapus
  26. Malam mas bambang, saya alfan, saya baru saja dpt panggilan interview dan psikotes sbg medrep di PT APL. Jujur saya minat sekali menjadi medrep memang basic saya hanya marketing.
    Mau share saja kira2 kalo masuk APL sulit ga? Karena sy nunggu 2 mggu lg panggilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Alfan.... saya sendiri tidak tahu persis tahapan tes masuk di APL, dan sejauh mana kesulitannya... tetap optimis, semangat, dan jangan lupa berdo'a mas, semoga Allah SWT mengabulkan permohonan mas Alfan..

      Sukses ya mas!

      Hapus
  27. Mas saya kan baru lulus smf. Saya tertarik ingin menjadi medrep jika sudah lulus s1 farmasi, tahapan pertama untuk menjadi medrep dimulai dari melamar itu bagaimana saja? Bisa ceritakan awal mulanya dari melamar gak mas. Trims sebelumnya. (perjalanan seorang medrep)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamay ya mas Sandi Ruswandi atas kelulusan SMF nya!

      Untuk menjadi seorang medreps, tentu saja Anda harus membuat dan mengirimkan surat lamaran terlebih dahulu. Bila secara seleksi administrasi memenuhi, akan dipanggil untuk mengikuti tes tahap berikutnya, yakni psikotest, tes kesehatan, dan wawancara/interview.

      (Silakan baca artikel2 mengenai cara membuat surat lamaran, resume, dan tips interview di blog ini juga)

      Setelah dinyatakan diterima, akan diikutkan training terlebih dahulu, dengan materi utama product knowledge dan selling skill, setelah itu dilanjutkan on job training dan masa percobaan (probation time). Bila berprestasi bagus, selanjutnya akan diangkat sebagai karyawan tetap.

      Nah begitu kira-kira alurnya. Semoga bermanfaat. Sukses ya!

      Hapus