Mengenal apa itu Medical Representative

Kebanyakan orang belum mengetahui profesi yang satu ini. Padahal karena merekalah Dokter ataupun prescriber bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai obat, cara pengobatan, teknik pengobatan, maupun alat kesehatan yang bisa menunjang keahlian Dokter maupun prescriber. 
Medical Representative bisa didefinisikan sebagai duta perusahaan / seseorang yang dipercaya untuk mewakili perusahaan guna mempromosikan produk secara professional, kredibel, dan berintegritas. Istilah lainnya adalah Detailer, karena dalam melaksanakan tugasnya, seorang Medical Representative harus mampu menjelaskan seluk beluk produk yang ditawarkan secara detail kepada customernya.


Medical Representative atau Detailer ini dibutuhkan oleh perusahaan farmasi sebagai perpanjangan tangan agar produknya diketahui oleh Dokter atau prescriber. Produk yang ditawarkan adalah produk yang memerlukan resep agar bisa dikonsumsi oleh pasien. Biasanya produk tersebut memiliki tanda khusus, yakni Red Dot, yakni tanda lingkaran merah yang berarti tidak dijual bebas dan memerlukan resep Dokter.

Saat ini ada sekitar 199 perusahaan farmasi yang beroperasi di Indonesia. Apabila masing-masing perusahaan farmasi tersebut memiliki 200 tenaga Medical Representative, maka total jumlah Medical Representative yang ada adalah 39.800 orang. Jumlah ini sangat besar sekali! Dikarena turn-over di perusahaan farmasi tinggi, maka kebutuhan akan tenaga Medical Representative akan selalu tinggi, bahkan jumlahnya akan semakin meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk dan Dokter atau prescriber. Jadi peluang menjadi seorang Medical Representative sangat terbuka lebar! 

Syarat untuk memasukkan lamaran sebagai seorang Medical Representative sangatlah mudah, biasanya perusahaan farmasi hanya mensyaratkan hal-hal sebagai berikut: 

  • lulusan D3 atau S1 dari segala jurusan, namun jurusan eksak biasanya jauh lebih disukai (meskipun ada beberapa perusahaan dalam negeri yang mau menerima lulusan SMU) 
  • usia maksimal 27 tahun (untuk fresh graduate, dan maksimal 30 tahun untuk yang telah berpengalaman) 
  • mau ditempatkan di seluruh Indonesia 
  • memiliki SIM C , karena kendaraan operasionalnya adalah sepeda motor 
  • memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus, penuh semangat dan antusiasme tinggi 

Apabila Anda memenuhi kriteria tersebut, jangan ragu untuk melamar posisi tersebut! Untuk membekali Anda, silakan klik artikel Bagaimana Membuat Surat lamaran yang Baik dan artikel mengenai Tips Menghadapi Interview
Untuk melihat dan mendownload daftar perusahaan farmasi di Indonesia, silakan klik Daftar Perusahaan Farmasi Di Indonesia.

Silakan klik di sini untuk download modul Medical Representative.

Penulis : Moh. Bambang Pamungkas

Artikel Terkait :

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.

5 komentar:

  1. untuk PMA farmasi biasanya jg mensyaratkan adanya sertivikasi PEDFI bos.

    BalasHapus
  2. yup, bos benar... memang untuk PMA ada yang mensyaratkan telah mendapatkan sertifikat PEDFI. Tenkyu masukannya...

    BalasHapus
  3. mohon ijin gunakan infonya untuk blog saya (saya akan link ke sini)

    http://blogdokterandre.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan dok... terima kasih atas perhatiannya..

      Hapus