Traditional Interview VS Behavioral Interview

Apa yang dimaksud dengan interview perilaku (behavioral interview)? Behavioral interview adalah interview yang didasarkan pada  pencarian apa yang telah dilakukan pada situasi khusus dan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan . Logikanya adalah bagaimana Anda bertindak pada masa lalu akan menunjukkan apa yang akan Anda lakukan di masa depan.

Interview Tradisional VS Interview Perilaku
Pada interview tradisional, Anda akan ditanyakan sejumlah pertanyaan yang langsung membutuhkan jawaban seperti :
·        Apa kekuatan dan kelemahan Anda?
·        Apa tantangan dan masalah utama yang pernah Anda hadapi? Bagaimana Anda menanganinya?
·        Apa pekerjaan terakhir Anda?
·        Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan tersebut?
·        Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini?

Sedangkan dalam interview perilaku, perekrut telah memutuskan keahlian apa saja yang dibutuhkan yang harus ada pada kandidat dan akan diberikan sejumlah pertanyaan untuk mengetahui kandidat mana yang memiliki keahlan tersebut. Pewancara tidak akan menanyakan bagaimana Anda akan bertindak, tapi apa dan bagaimana tindakan Anda yang telah Anda ambil. Pewancara ingin mengetahui bagaimana Anda menangani suatu situasi, daripada apa yang mungkin akan Anda lakukan nantinya.

Pertanyaan-pertanyaan Dalam Interview Perilaku 
Pertanyaan tersebut lebih terarah, lebih dalam, dan lebih khusus daripada interview tradisional:

  • Berikan sebuah contoh peristiwa saat Anda menggunakan logika untuk memecahkannya
  • Berikan sebuah pencapaian (prestasi) Anda dan bagaimana Anda mencapainya?
  • Ceritakan sebuah keputusan yang tidak populer yang Anda telah buatdan bagaimana Anda menjalankannya
  • Pernahkan Anda melakukan tugas melebihi yang dibebankan? Bila iya, tolong ceritakan
  • Apa yang Anda lakukan bila jadwal kerja Anda diinterupsi oleh tugas lain? Bagaimana Anda menanganinya?
  • Pernahkah Anda mengalami situasi yang sulit dengan teman kerja? Bagaimana Anda menyelesaikannya?
  • Ceritakan bagaimana Anda menyelesaikan pekerjaan secara efektif di bawah tekanan yang berat
  • Pernahkah Anda meyakinkan sebuah tim untuk melaksanakan sebuah proyek dimana tim tersebut enggan melaksanakannya? Bagaimana cara Anda  melakukannya?

Pertanyaan-pertanyaan berikutnya akan semakin detail lagi. Anda bisa jadi akan ditanyakan apa yang Anda lakukan, Anda katakan, bagaimana Anda bereaksi dan merasakannya.

Persiapan Untuk Interview Perilaku
Persiapan terbaik apa yang harus dilakukan? Sangatlah penting untung diingat bahwa Anda tidak akan tahu jenis interview apa yang akan dihadapi hingga Anda duduk di ruang interview. Maka persiapkanlan juga jawaban-jawaban untuk interview tradisional.
Karena Anda tidak tahu pasti situasi seperti apa yang akan ditanyakan pada interview perilaku, maka segarkan ingatan Anda dan pertimbangkan beberapa situasi khusus yang telah Anda hadapi atau proyek-proyek yang telah Anda kerjakan. Bisa jadi Anda membutuhkannya nanti. Siapkan cerita yang menggambarkan saat-saat Anda berhasil menyelesaikan masalah dan keberhasilan-keberhasilan lainnya. Cerita-cerita tersebut akan sangat membantu Anda untuk memberikan respon yang sangat berarti saat interview perilaku.
Akhirnya, lihat kembali job descripsinya, bila Anda memilikinya, atau iklan posisi tersebut. Anda bisa mendapatkan ilham keahlian-keahlian apa dan karakteristik perilaku dari calon perekrut melalui job descripsi dan posisi yang dibutuhkan.

Selama Berlangsungnya Interview Perilaku
Sepanjang interview, bila Anda tidak yakin bagaimana menjawab pertanyaannya, lakukan klarifikasi. Lalu pastikan untuk memasukkan unsur-unsur di bawah ini dalam jawaban-jawaban Anda:

·        Situasi khusus
·        Tugas yang dibutuhkan untuk diselesaikan
·        Tindakan yang Anda ambil
·        Hasilnya, atau bisa juga apa yang terjadi

Penting sekali untuk mengingat bahwa tidak ada jawaban benar atau salah. Pewancara hanya ingin mengetahui bagaimana Anda berperilaku pada situasi yang Anda ceritakan. Bagaimana Anda merespon akan menjelaskan apakan ada kecocokan antara keahlian Anda dengan posisi yang dibutuhkan di perusahaan tersebut. Maka dengarkan dengan teliti, jelaskan, dan detailkan bagaimana Anda merespon, dan yang teramat penting, jujurlah! Bila jawaban-jawaban Anda bukan yang dicari oleh pewancara, posisi tersebut bisa jadi bukanlah pekerjaan terbaik buat Anda.

Artikel terkait:


Sumber ; www.about.com

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

readbud - get paid to read and rate articles

4 komentar:

  1. ini nih postingan keren. makasih ya kakak :D

    BalasHapus
  2. tips berguna banget nih,

    salam kenal
    jimmy hartono
    kalau ada kesempatan mampir ya ke blog saya
    http://telepongenggam-jimmy63.blogspot.com

    BalasHapus
  3. @ Ardhito Dharma : terima kasih dik, seneng rasanya kalo ada yang merasa bermanfaat artikelnya, wish you all the best!

    BalasHapus
  4. @ Jimmy63: salam balik mas Jimmy, nice to meet you, and thank you for visit my blog! Have nice blogging day, success for you!

    BalasHapus