Role-play Interview Kerja


Beragam informasi tips dan trik menghadapi interview kerja bisa banyak kita peroleh dari beragam media. Berbagai jurus-jurus maut bisa kita dapatkan dari sana. Cara menjawab berbagai macam pertanyaan interview kerja pun tersaji luas. So, setelah kita membaca, menonton, mungkin menghafalkannya juga.. apakah langkah selanjutnya?

Jawabannya adalah dengan cara melakukan role-play. Carilah partner atau pasangan yang bisa diajak bekerja sama. Role-play atau berlatih peran ini disetting dengan 2 pemeran utama, satu orang sebagai kandidat dan yang lainnya sebagai interviewer atau pewancara. Kemudian lakukanlah sandiwara layaknya proses interview yang sesungguhnya. Pertanyaannya bisa disiapkan sebelumnya. Jawabnnya pun bisa kita siapakan juga. Yang terpenting di dalam proses ini adalah melatih kita menyampaikan apa yang ada dalam pikiran kita, selancar dan sealami mungkin. 

Bisa terjadi beragam kesalahan ucapan selama pelaksanaannya. Bisa juga terjadi hal-hal lucu. Tidak mengapa. Lebih baik kita melakukan kesalahan saat role-play daripada saat menghadapi proses interview sebenarnya. Latihlah terus sehingga kita semakin terbiasa. Dan bila sering kita lakukan, hal ini akan menambah rasa percaya diri.

So. mau nunggu apalagi? Segeralah cari partner role-playnya. Semoga sukses selalu ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar