Pentingnya Role-Play Untuk Melatih Kemampuan Komunikasi


Hal yang menakutkan banyak orang ternyata salah satunya harus berbicara di muka umum, pidato, presentasi, ataupun berceramah. Pun demikian bagi sebagian orang bila berhadapan dengan orang yang baru ditemui. Walaupun itu melalui saluran telepon sekalipun. Termasuk di antaranya saat interview kerja.

Alhamdulillah, sebenarnya saat ini banyak media pembelajaran yang ada yang bisa menambah wawasan kita tentang cara berkomunikasi yang baik dan efektif. Bisa melalui media sosial, youtube, website, ataupun yang lainnya. Sayangnya, membaca ataupun melihat videonya saja tidaklah otomatis membuat kita menjadi terampil dan handal dalam berkomunikasi.

Yang terpenting lagi adalah prakteknya. Atau kalau perlu melakuan role-play, latihan peran, di mana ada yang berperan sebagai pendengar, yang lain berperan sebagai pembicara. Di situ ada banyak manfaat yang didapat. Melatih keberanian, mendapatkan input dari pendengar, persiapan bisa lebih matang, kalau ada salah-salah, tidak terlalu malu atau khawatir ditertawakan orang lain.

Carilah partner atau pasangan yang bersedia menjadi pendengar yang baik, dalam artian mampu memberikan masukan atas kekurangan penyampaian kita.

So, selamat mencoba dan sukses selalu ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar