Bagaimana Menyikapi Sebuah Kesulitan


Pic. Source: theartofenglish-nhrh.blogspot.com

"Orang yang gagal selalu mencari jalan untuk menghindari, sementara orang yang sukses mencari jalan bagaimana menghindari untuk menginginkan. Dan kesulitan yang kita hadapi bukanlah kesulitan yang menghambat langkah kita, tetapi kesulitan untuk menghilangkan rasa takut dalam diri." 

Siapapun dari kita tentulah menemui kesulitan dalam kehidupan. Banyak dari kita nampaknya lebih menyukai kemudahan dibanding kesulitan. Karena memang kita memandangnya sebagai bentuk kesusahan, tiada kenikmatan, bahkan
penderitaan meski kesulitan semakin lama menampilkan sosok menarik dan menyenangkan saat kita lebih mengenalnya. Tak heran kita lebih suka  berlari sejauh mungkin darinya ketimbang mengenalnya lebih dekat dan bahkan merangkulnya dengan erat untuk melangkah bersama. 

Coba lihat keberhasilan yang diperoleh para pekerja yang gigih meraih kesuksesan dalam pekerjaan, para penyelam yang berhasil menembus kedalaman samudera, para pendaki menancapkan bendera di puncak gunung tertinggi, ataupun tangguhnya sekelompok pedayung arung jeram mencapai batas akhir berjuang mengalahkan hempasan ganasnya derasnya sungai dan terjalnya bebatuan. 

Dari rangkaian kesulitanlah kita mengenal diri kita dengan baik. Karena kesulitan ibarat cermin yang mampu memberikan wajah karakter dan kepribadian kita sesungguhnya. Ia akan terus bersama seperti bayang-bayang yang berjalan beriringan di tengah perjalanan kehidupan kita di dunia, di kehidupan sosial, kehidupan di lingkungan pekerjaan, dan kehidupan dimanapun kaki kita berpijak. Secara hubungan horizontal, kesulitan memang diciptakan Yang Maha Kuasa yang salah satunya adalah kita termasuk orang orang senantiasa bersyukur dan ingin dekat padaNYA. Karena memang kesulitan diberikan pada kita untuk meningkatkan derajat dan kemuliaan kita sebagai manusia. 

Pahamilah dibalik setiap kesulitan tentu terdapat kemudahan. Mengapa demikian meski kesulitan dibalut dengan perjuangan, kesulitan tetap memberikan daya tarik, kegairahan, keceriaan dan memiliki kenikmatan tersendiri bila kita berjalan beriringan dengannya. Karena dengan kesulitan, banyak pelajaran hidup kita peroleh untuk lebih baik, bertumbuhnya kreativitas dan inovasi.  Semakin sulit ia semakin menarik untuk kita raih. Bagi orang yang memiliki jiwa pemberani dan berjiwa besar lah yang mampu melewatinya. Sebaliknya bagi orang yang lemah  akan lebih menyukai kemudahan ketimbang bersahabat dengan kesulitan. Bukankah untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi menjadi manusia yang berkualitas kita mesti melewati ujian yang syarat  dengan kesulitan, bukan! Sekarang apakah kita diantara orang yang berani bermesra kesulitan atau sebaliknya ? itu adalah sebuah pilihan! 

Have a positive day! 

by Mohamad "Bear"  Yunus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar