Survei Membutikan 5 Cara Ini Bisa Buat Karier Anda Lebih Berkembang

Semua pekerja tentu menginginkan perkembangan atau peningkatan karier yang tergolong cepat. Demi mewujudkannya, banyak dari mereka yang melakukan berbagai cara mulai dari bekerja keras hingga sering berpindah kerja. Untuk menjadi pegawai berprestasi dan berpengaruh ternyata ada cara simpel yang bisa diterapkan. Yakni dengan melakukan sejumlah trik psikologi yang diyakini bisa membantu Anda menjadi pekerja yang lebih baik. Berikut lima tekniknya yang sudah diriset oleh para peneliti: 

1. Berbicara Cepat Tapi Ada Jeda
Situasi dalam rapat kantor bisa menjadi panas ketika terjadi beda pendapat atau perang ide. Untuk 'memenangkan' perdebatan, bicaralah dengan cepat tapi jangan lupa atur untuk memberikan jeda antar kata. Menurut peneliti di University of Michigan, hal tersebut terbukti efektif untuk mempengaruhi atau meyakinkan seseorang. Riset itu mengungkapkan jika Anda harus berbicara 3,5 kata per detik dengan jeda empat hingga lima kali per menit. Mau mencoba? 

2. Berdiri Saat Meeting 
Menjadi pemimpin dalam divisi atau bahkan perusahan tentu tidak selalu mudah. Agar Anda bisa didengar oleh para anggota, lakukanlah briefing atau meeting sambil berdiri. Riset yang dilakukan Washington University membeberkan teknik tersebut bisa mempengaruhi kemampuan kerja tim. Hal itu juga dapat membuat pekerja merasa lebih berenergi. Selain berdiri, coba sedikit berjalan atau berputar sehingga membuat orang lebih fleksibel menyatakan ide dan tertarik berkolaborasi. 

3. Dobrak Aturan
Peneliti dari University of Amsterdam mengatakan jika mendobrak aturan bisa mengembangkan karier Anda. Tentu tidak secara ekstrem namun lebih pada sesuatu yang berkesan positif. Misalnya saja berani menyuarakan pendapat saat rapat, tanpa harus diminta terlebih dahulu. Menurut riset, hal itu bisa membuat Anda terlihat dapat menyelesaikan masalah dan lebih berdaya. 

4. Mulai Perbincangan dengan Sarkasme
Ingin menggali inovasi dari tim kerja Anda? Coba buka percakapan dengan ungkapan bernada sarkasme. Cara itu mungkin terdengar ekstrem atau kurang sopan namun riset Harvard Business School menyarankannya. Menurut studi, hal tersebut dapat memicu performa yang bagus pada tugas-tugas yang melibatkan kreativitas. Anda bisa menerapkannya dengan memulai meeting dan melemparkan humor sarkastik yang tidak merendahkan orang lain namun diri Anda sendiri saja.

5. Berdandan Profesional
Sebagian orang tidak suka bergaya formal ketika bekerja. Namun berpakaian rapi patut diterapkan karena dianggap bisa membantu karier. Berdasarkan studi California State University Northridge and Columbia University, cara itu bisa membuat Anda lebih baik dalam menghadapi kritik dan mengontrol keadaan

Rahmi Anjani - wolipop

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar