Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Minta Naik Jabatan

Meski jarang dilontarkan, minta naik jabatan bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Terlebih bila Anda merasa sudah cukup berpengalaman dan menguasai bidang pekerjaan. Mengusahakan peningkatan posisi memang tidak mudah karena butuh percaya diri dan tanggung jawab yang besar. Bila Anda sudah merasa siap dan pantas, pertimbangkan empat hal ini terlebih dahulu sebelum mengemukakannya pada atasan:

1. Perjelas Keinginan
Untuk mengembangkan karier ke tahap selanjutnya dibutuhkan ilmu, kemampuan, hingga dedikasi yang lebih tinggi. Sebelum Anda terlalu jauh menyiapkan hal-hal tersebut, pastikan terlebih dahulu jika bos tahu mengenai keinginan untuk naik jabatan. Jika tidak, kesempatan itu bisa saja jatuh pada rekan yang lebih terang-terangan dalam menyatakan minatnya. Untuk itu, beritahu atasan tanpa terlalu agresif. 

Dilansir situs Time, disarankan untuk selalu memberi tahu atasan ketika Anda sukses mengerjakan tugas rumit yang biasanya dikerjakan senior. Kemudian mintalah ulasan dari dia sehingga Anda tahu jika ada kekurangan. Ingat, bekerja dengan baik saja tidak menjaminkan kenaikan pangkat. Anda perlu dikenal memiliki kemampuan yang baik pula.

2. Sudah Berprestasi dalam Kerja
Sebelum mengemukakan keinginan naik jabatan, pastikan bila Anda telah menunjukkan kredibilitas. Bos atau manajer tentu tidak akan memilih pegawai dengan prestasi yang biasa saja untuk dipromosikan. Jika Anda belum merasa punya banyak prestasi, sekarang saatnya untuk mengerahkan kemampuan. Hal tersebut bisa dimulai dengan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan standar. Bila belum tahu apakah performa memenuhi standar, bertanyalah pada manajer agar bisa segera diperbaiki.

3. Persiapkan Meeting
Setelah Anda memperjelas keinginan dan menunjukkan kemampuan, langkah selanjutnya adalah berbicara empat mata dengan atasan. Sebelumnya, pastikan jika Anda terlihat siap dengan tidak menampakkan kegugupan. Persiapkan pula beberapa skenario jawaba dari pertanyaan yang mungkin bos lontarkan. Jika permintaan Anda diterima, jangan lupa berterima kasih padanya karena mau mempertimbangkan. Lalu minta petunjuk dan pengawasan dalam menjalankan tugas saat sudah menjabat di posisi baru. 

4. Diskusi Gaji
Naik jabatan juga bisa berarti penghasilan Anda akan meningkat. Tak perlu bersikap segan dalam membicarakannya karena itu adalah hak Anda. Namun hindari pula bersikap terlalu agresif atau terang-terangan yang mengesankan Anda hanya ingin naik gaji. Jika perlu, lakukan survei sebelumnya demi memastikan jika kenaikan pangkat Anda sepadan dengan penghasilannya. (ami/ami)


Sumber : Rahmi Anjani - wolipop

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar