Tugas MedReps: Mengelola Area Coverage

Pict. source: ace-surfacing.co.uk
Setiap individu medical representative memiliki area/wilayah kerjanya (area coverage) masing-masing. Pembagian wilayah kerja ini ditentukan oleh area manager. Setiap area tentu saja memiliki potensi penjualan yang berbeda-beda, ada yang gemuk/basah, tapi ada juga yang kurus/kering, sehingga dengan demikian target setiap medical representative berbeda-beda valuenya (nilai nominalnya), disesuaikan dengan potensi areanya masing-masing.

Pembatasan wilayah kerja ini dilakukan agar proses marketing/promosi tidak saling berbenturan dengan area medical representative lainnya, dan juga bisa dipergunakan sebagai alat ukur keberhasilan kerja.

Di setiap wilayah kerja, sudah ada nama-nama customer (dokter, rumah sakit, klinik, maupun apotek) yang telah ditentukan yang wajib dikunjungi secara rutin oleh medical representative.

Kini tanggung jawab seorang medical representative adalah mengelola area kerjanya masing-masing sehingga mampu menghasilkan sales/penjualan yang bagus sehingga mampu mencapai target, atau bahkan melebihinya. 

Mengelola di sini termasuk di dalamnya adalah mengetahui atau mengenal betul areanya. Tidak hanya letak tempat praktek dokter, rumah sakit, atau apotek, namun juga best time (waktu terbaik) untuk kunjungan, sehingga antara rencana kunjungan dan pada saat pelaksanaan, tidak menyimpang jauh.

Mengetahui dengan baik apotek/rumah sakit yang memberikan sales atau order terbesar, ataupun dokter yang paling sering meresepkan, akan sangat membantu terhadap pencapaian target.

Tidak perlu mengeluh apabila kebetulan ditempatkan di area yang jauh dari tempat tinggal maupun kantor, ataupun mendapatkan wilayah yang dinilai kering, atau memiliki tingkat kompetisi yang tinggi, sebab dengan mengeluh tidak banyak membantu. Yang paling banyak membantu adalah tekad yang kuat, penuh semangat dan antusiasme, serta kemauan untuk mencapai keberhasilan. Tunjukkan kerja yang terbaik dan profesional, dengan demikian hati akan terasa ringan, tetap ceria, dan semangat bekerja untuk mencapai target.

Sukses selalu buat Anda!

Author : Embepe

Klik E-Book Medical Representative !

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:


DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar