Tugas Medical Representative : Ngrekap Sales!

Pict source : www.123rf.com
Akhir bulan telah berlalu, kini bulan baru datang. Semangat baru datang lagi. Bagi seorang Medical Representative, awal bulan ada tugas mengasyikkan, yakni ngrekap sales atau menghitung hasil penjualan di bulan sebelumnya berdasarkan data penjualan/sales yang telah diberikan oleh distributor untuk setiap outletnya. Siapkan kertas, ballpoint, dan kalkulator tentu saja! Ini adalah saat-saat menegangkan. Yeah, meskipun kita sudah tahu di akhir bulan, apkah target penjualan tercapai atau tidak, apapun hasilnya, tetaplah bersemangat dalam melakukan rekap sales ini!

Ambil print out sales, mata fokus pada setiap lembarannya, cari tahu, outlet mana yang milik kita, dan berapa produk kita yang diordernya dari distributor. Lakukan bersama-sama teman yang lain, agar suasana meriah dan seru. Suasana keakraban dan kegembiraan akan muncul, saling ejek dan motivasi bergantian muncul dari teman-teman lainnya.

Tapi eits, tunggu dulu! Semestinya, sebagai seorang Medical Representative yang profesional, Anda memilik data historis pengambilan (order produk dari apotek ke distributor) produk untuk setiap outletnya. Karena ini sangat penting sekali bagi proses evaluasi hasil kunjungan rutin teman-teman ke dokter dan apotek. Lakukan perbandingan pengambilannya setiap bulannya, untuk mengetahui trend-nya. Naikkah, atau malah turun???

Apabila turun, cari tahu dengan survey ke apotek, kenapa produk kita turun, apakah karena dokter sudah berkurang peresepannya dan menggunakan produk kompetitor atau karena hal lain? Stok di distributor tidak ada, atau ada permainan penggantian resep di apotek.

Kalau naik, jangan lupa untuk mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada dokter dan apotek. Ini untuk menjaga hubungan baik dan relationship jangka panjang. Berikanlah gift ataupun gimmick menarik yang Anda punya.

Tetap semangat dan berjuang tanpa mengenal lelah!

Author : Embepe

Klik ini: e-book Medical Representative , berisi ulasan lengkap mengenai dunia Medreps!

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:


DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar