Tugas Medical Representative : Menjaga Hubungan Baik Dengan Customer

Pict. source : www.blog-bizedge.biz

Salah satu unsur yang menentukan kesuksesan seorang Medical Representative adalah kemampuannya untuk membuat dan menjaga hubungan baik dalam jangka panjang dengan customer. Hubungan baik ini akan mempermudah pencapaian sales dan bisa diandalkan pada saat genting, misalnya pada saat mendekati hari akhir tutup sales. Siapa saja customernya? Ada 2 jenis customer:  internal dan eksternal.

Yang internal bisa berasal dari seluruh komponen pendukung kantor distributor. Mulai dari Kepala Cabang, supervisor, salesman, loper, gudang, ossa, kasir, maupun peng-input data orderan.
Bahkan satpam atau petugas security dan office boy harus diperlakukan sama dengan yang lainnya. Memiliki hubungan baik dengan mereka, itu berarti kita memiliki tenaga pendukung penjualan yang besar. Mereka akan memberikan dukungan penuh dalam bidangnya masing-masing demi tercapainya target penjualan. Apabila ada konsumen datang ke kantor distributor, Satpam akan mempertemukannya dengan kita, bukan dengan Medical Representative yang lain, sehingga kita akan mendapatkan konsumen potensial. Salesman akan menawarkan produk kita ke apotek-apotek, tidak sekedar taking order (mengambil pesanan) saja, bersedia menanyakan jumlah stok produk kita, sehingga apabila stok di apotek sudah berkurang, bagian pembelian akan disarankan oleh salesman menambah stok. Kepala cabang akan berperanan ikut membantu deal khusus dalam pengadaan jumlah besar di sebuah rumah sakit ataupun institusi. dan masih banyak bentuk bantuan-bantuan lainnya yang bisa mereka berikan.

Customer internal ini juga termasuk rekan sekerja. Memang setiap individu Medical Representative telah memiliki targetnya masing-masing, namun itu tidak berarti kita menjadi egois dan tidak peduli dengan kepentingan teman sekerja lainnya. Berikanlah bantuan dan jangan sungkan mengulurkan tangan apabila ada teman yang membutuhkan. Hal tersebut sangat berarti bagi kemajuan karir kita nantinya.

Berikutnya adalah customer eksternal. Yang dimaksud adalah seperti dokter, perawat, bagian pembelian di sebuah rumah sakit/apotek, apoteker, dll. Mereka adalah customer penting kita. Berikan hubungan jangka panjang yang tulus, dan mereka juga akan membalasnya dengan sama baiknya. Kedekatan kita dengan dokter akan membantu kita dengan mudah untuk menanamkan brand-awarness produk kita, sehingga memperlancar peresepan. Perawat akan memberikan bantuan informasi-informasi penting yang mungkin bersifat rahasia tentang dokter, Bagian pembelian akan dengan suka rela menambah jumlah pesanan, ataupun di saat-saat genting bisa kita mintakan bantuannya untuk memesan produk kita.

Inti dari hubungan baik ini adalah kemampuan kita menjaga komitmen, sehingga kepercayaan akan tumbuh dengan sendirinya. Kemampuan berkomunikasi yang baik, yang terbuka, akan membuat hubungan menjadi semakin dekat. Kepedulian yang kita berikan akan memberikan kita dampak berupa bantuan yang tiba-tiba dan tidak disangka-sangka.

So, belajarlah mengenali dengan baik customer Anda. Jalin hubungan baik dengan mereka. Dan kesuksesan akan bersama Anda, di manapun berada!

Author : Embepe

Klik ini: e-book Medical Representative , berisi ulasan lengkap mengenai dunia Medreps!

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:


DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.

2 komentar:

  1. enak ga mbak/mas jadi med rep ........... kkkk. jarene nyeneng ya kl out country.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa menikmati ya seneng...ini kan semacam life style,,, yang setiap orang punya style nya masing-masing... kalau suka adventure, mandiri, suka tantangan, senang bergaul,pengen ketemu banyak orang, ke daerah baru yang belum pernah dituju, punya mental dan fisik yang kuat... maka sebagai medreps sungguh menyenangkan.. lain kalo tipenya lebih seneng duduk di belakang meja,,,kayaknya gak pas deh dengan profesi ini...

      Hapus