Nyalakan semangatmu !


Hai sahabat, bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan baik selalu ya. Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini memang sangat berpengaruh bagi perekonomian nasional, yang berdampak kepada kondisi ekonomi warga negaranya. Banyak sektor ekonomi yang mengalami perlambatan, atau bahkan runtuh karenanya. Namun di sektor lain, yang bisa membaca peluang dengan baik, justru menunjukkan pertumbuhan yang baik sekali.

Tidak bisa ditutupi, bahwa gelombang PHK juga sering kita baca beritanya, atau bahkan sahabat sendiri mengalaminya. Kalau iya, mohon bersabarlah. Karena dengan itu kita masih bisa bertahan. setelah itu tetap ihktiar dan berdo'a, agar Allah subhanahu wata'ala membukakan pintu rejeki kita dari tempat yang lain.

Tingkatkan skillmu, tingkatkan added valuemu


Hai gaes, bagaimana kabarnya? Semoga postingan ini menjumpaimu saat kamu sedang panas-panasnya berjuang di dunia kerja atau justru sedang berada di titik kebosanan mengirim lamaran kerja kemana-mana, tapi belum ada yang nyantol-nyantol juga.

Kadang ada yang berfikir, kita sama-sama makan nasi, sama-sama punya waktu 24 jam sehari, tapi koq beda gaji dan pendapatannya ya? Dianya punya jabatan dan kedudukan tinggi, kita mah tetep bagai remahan rengginang, berada di posisi bawah sejak mulai masuk kerja. Nggak ada peningkatan.

Percaya Diri dan Antusiasme, Kunci Lulus Interview Kerja


Hai sahabat, jumpa lagi. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat ya ! Aamiin ya rabbal'alamiin. Saya berharap, apapun keadaanmu saat ini, tetap tumbuhkanlah harapan besar dan optimisme, bahwa dengan ikhtiar dan do'a, kita akan bisa melalui masa-masa sulit dengan baik. Tetap semangat ya, sahabat.

Bagi sahabat yang beberapa hari ke depan mendapatkan panggilan interview kerja, saya ucapkan selamat atas anugerah ini.Tidak banyak pelamar yang mendapatkan kesempatan ikut interview kerja, karena berbagai faktor. Bisa jadi karena CV yang dikirimkannya belum sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, atau karena hal lainnya.

Role-play Interview Kerja


Beragam informasi tips dan trik menghadapi interview kerja bisa banyak kita peroleh dari beragam media. Berbagai jurus-jurus maut bisa kita dapatkan dari sana. Cara menjawab berbagai macam pertanyaan interview kerja pun tersaji luas. So, setelah kita membaca, menonton, mungkin menghafalkannya juga.. apakah langkah selanjutnya?

Jawabannya adalah dengan cara melakukan role-play. Carilah partner atau pasangan yang bisa diajak bekerja sama. Role-play atau berlatih peran ini disetting dengan 2 pemeran utama, satu orang sebagai kandidat dan yang lainnya sebagai interviewer atau pewancara. Kemudian lakukanlah sandiwara layaknya proses interview yang sesungguhnya. Pertanyaannya bisa disiapkan sebelumnya. Jawabnnya pun bisa kita siapakan juga. Yang terpenting di dalam proses ini adalah melatih kita menyampaikan apa yang ada dalam pikiran kita, selancar dan sealami mungkin. 

Bisa terjadi beragam kesalahan ucapan selama pelaksanaannya. Bisa juga terjadi hal-hal lucu. Tidak mengapa. Lebih baik kita melakukan kesalahan saat role-play daripada saat menghadapi proses interview sebenarnya. Latihlah terus sehingga kita semakin terbiasa. Dan bila sering kita lakukan, hal ini akan menambah rasa percaya diri.

So. mau nunggu apalagi? Segeralah cari partner role-playnya. Semoga sukses selalu ya!

Pentingnya Role-Play Untuk Melatih Kemampuan Komunikasi


Hal yang menakutkan banyak orang ternyata salah satunya harus berbicara di muka umum, pidato, presentasi, ataupun berceramah. Pun demikian bagi sebagian orang bila berhadapan dengan orang yang baru ditemui. Walaupun itu melalui saluran telepon sekalipun. Termasuk di antaranya saat interview kerja.

Alhamdulillah, sebenarnya saat ini banyak media pembelajaran yang ada yang bisa menambah wawasan kita tentang cara berkomunikasi yang baik dan efektif. Bisa melalui media sosial, youtube, website, ataupun yang lainnya. Sayangnya, membaca ataupun melihat videonya saja tidaklah otomatis membuat kita menjadi terampil dan handal dalam berkomunikasi.

Yang terpenting lagi adalah prakteknya. Atau kalau perlu melakuan role-play, latihan peran, di mana ada yang berperan sebagai pendengar, yang lain berperan sebagai pembicara. Di situ ada banyak manfaat yang didapat. Melatih keberanian, mendapatkan input dari pendengar, persiapan bisa lebih matang, kalau ada salah-salah, tidak terlalu malu atau khawatir ditertawakan orang lain.

Carilah partner atau pasangan yang bersedia menjadi pendengar yang baik, dalam artian mampu memberikan masukan atas kekurangan penyampaian kita.

So, selamat mencoba dan sukses selalu ya!

Kecakapan berkomunikasi, hal terpenting memenangkan interview kerja


Hai gaes... bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat dan tetap semangat ya. mungkin di antara teman-teman saat ini masih ada yang belum bekerja, di PHK, ataupun sedang berusaha pindah tempat kerja. Apapun itu, semangat optimisme kita harus terus dijaga. Harapan untuk bekerja di tempat yang diidamkan tetap harus menyala, agar kita tidak lesu dan loyo menjalani hari demi hari.

Dalam tahapan seleksi masuk kerja,  interview kerja merupakan hal penting yang harus dijalani. Di tahap ini, kemampuan "menjual diri" kita sangat penting. Kita bisa saja belajar dan menghapal tips interview, contoh-contoh pertanyaan interview dan bagaimana menjawabnya. Tapi terkadang, pada show time, bisa saja nge-blank, nervous, gugup, sehingga hasilnya tidak meyakinkan.

Ridho atas Ketetapan Allah

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Hai pembaca yang budiman, bagaimana kabarnya saat ini? Semoga baik-baik saja dan selalu dalam petunjuk dan bimbingan Allah subhanahu wata'ala ya... Sungguh menakjubkan urusan kaum muslimin, bila mendapat musibah dia bersabar, dan bila mendapat anugerah dia bersyukur...

Apapun yang terjadi pada diri kita saat ini, bukanlah merupakan hal yang kebetulan semata. Itu adalah akibat dari perbuatan di masa yang telah lalu, atas kehendak dan seizin Allah subhanahu wata'ala.

Bangkitlah, wahai semangat!


Bismillaahirrahmaanirraahiim.

Bagaimana kabarmu hari ini? Semoga selalu berada dalam semangat yang menggebu-gebu dalam mengejar cita-cita ya... Yach, dengan semangat kamu bisa bahagia saat menikmati proses menuju kesuksesanmu. Dengan bahagia, kamu nggak merasa capek, kemudian menyerah di awal perjuanganmu. Keep the spirit, always on fire yeach!!!

Bahwasannya semangat itu bisa naik, bisa juga turun, tergantung mood, tergantung keadaan, tergantung peristiwa, tergantung kita sendiri…dan tergantung oleh yang lainnya..

Saat semangat turun, akan membuatmu loyo, seakan-akan sudah tidak bisa berpikir lagi mencari solusi, mencari alternatif ikhtiar,  cita-cita seperti pergi menjauh… Apa yang biasa kamu lakuakn, ketika semangatmu sedang menjauh dari dalam dirimu?

Ini yang akan membuatmu berhasil di dunia kerja!

Bismillaahirrahmaanirraahiim.

Hai...apa kabar? Semoga kebaikan menghampirimu setiap waktu. Kebaikan yang membuatmu bersyukur atas nikmat pekerjaan yang kamu miliki saat ini. Seberat apapun beban kerjamu yang kamu rasakan akhir-akhir ini, percayalah, jauh lebih berat lagi beban yang harus dipikul dan dirasakan teman-temanmu yang hingga saat ini belum mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga : Cara Terbaik Menghadapi Hidup Yang Stuck

Kemampuan bersyukur adalah salah satu nikmat, yang harus kita gapai, dengan cara merubah mindset kita dalam memandang suatu masalah. Ambil contoh seperti ini, ketika kamu mendapatkan penolakan dari salah seorang customer, kamu bisa saja memandangmu sebagai sebuah kegagalan dan kerugian,

Selamat datang masalah.. I'm not afraid !


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di blog ini, entah bagaimana kamu bisa sampai ke sini, itu bukanlah hal yang kebetulan. Ada kehendak ilahi yang menuntunmu ke sini. Harapan saya, kamu mendapatkan manfaat dan hadir berkunjung kembali ke blog ini, saat kamu membutuhkannya.

Apapun masalah yang kamu hadapi saat ini, saya tidak akan berkata, ada rencana indah dari Tuhan untukmu saat ini, dan semuanya akan baik-baik saja. Tidak. Tapi saya justru mengucapkan selamat. Tidak semua orang punya masalah seperti yang kamu alami saat ini. Masalah tiap orang beda-beda. Sesuai kadar kemampuannya untuk menerimanya. Sesuai dan sepadan dengan hasil yang akan dicapai bila berhasil melaluinya dengan baik.

Masalah yang dihadapi seorang Kepala Negara, tentu berbeda dengan masalah yang dialami oleh Kepala Sekolah, ataupun Kepala Rumah Tangga. Sesuai dengan kapasitasnya.

8 Cara Simpel yang Bikin Kamu Lebih Disukai Bos

Mau mengambil hati atasan? Berikut delapan cara agar kamu disukai bos. 
Jakarta - Biasanya bos akan menyukai seseorang yang bekerja dengan bagus. Tapi kadang bekerja keras saja belum cukup untuk menarik perhatian atasan. Menurut para pakar, kamu juga harus tahu cara mengambil hati bos dengan trik-trik khusus. Bukan untuk menjilatnya sehingga menaikkan karier kamu, cara-cara ini juga bisa diterapkan untuk memperkuatkan hubungan dan kerja sama tim.