Kunci Sukses Saat Wawancara Kerja Melalui Telepon


Melakukan wawancara kerja tidak selalu bertatapan langsung dengan si pewawancara. Ada beberapa perusahaan yang melakukan interview calon karyawan barunya melalui telepon.

Wawancara kerja via telepon bukan berarti Anda bebas sesuka hati. Anda memang tidak perlu berpakaian rapi secara profesional, tapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika sedang interview kerja lewat telepon. Apa sajakah itu? Simak di sini, seperti dikutip dari Idiva.

1. Pikirkan Bahasa Anda
Syarat utama yang perlu diperhatikan saat sedang interview pekerjaan adalah memastikan bahwa Anda mengatakan sesuatu dengan baik. Sebagian besar dari kita meyakini bahwa kita mampu dalam hal itu, tetapi Anda harus sedikit lebih memperhatikan lagi kata-kata yang sering diucapkan, dan menyadari bahwa Anda terlalu sering mengucapkan 'hal ini', 'hal itu', 'Anda tahu'. Kelancaran berbicara bukan hanya berarti mampu bercakap-cakap, tetapi juga berkomunikasi dengan kalimat yang tepat.

2. Hindari Berbicara Terlalu Cepat
Pastikan Anda tidak berbicara terlalu cepat ketika sedang interview di telepon. Jika melakukan hal itu, Anda akan membuat si pewawancara merasa kebingungan. Buatlah komunikasi secara efektif. Jadi, ketika lawan bicara selalu mengatakan 'maaf', itu artinya Anda harus mengurangi kecepatan dalam berbicara.

3. Kenali Kata-katamu
Sampaikan dengan jelas maksud dan tujuan Anda dengan kata-kata yang tepat, agar interviewer tidak menduga-duga. Sesuatu bisa diketahui dengan jelas ketika Anda bebicara, bukan lewat CV.

4. Bermain Intonasi
Jagalah intonasi agar tetap stabil dan terdengar menyenangkan. Jangan bericara terlalu kencang atau dengan nada tinggi. Ingat, jangan tutupi suara Anda dengan sesuatu apapun dan jangan membuat suara Anda terdengar berbeda dari biasanya. Cukup pastikan suara Anda tidak terlalu tinggi dan terlalu gembira.

5. Hindari Kata 'Apa?' dan 'Hah?'
Jika ada pembicaraan yang perlu diulang, jangan pernah mengatakan 'hah?' atau 'apa?', tetapi utarakanlah kata 'maaf' atau 'permisi'. Dan ingatlah untuk selalu tetap tersenyum, karena pendengar akan mendengarkan suara Anda dengan baik.

Penulis: Dona Rema

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DVD DAHSYAT SUKSES DI DUNIA KERJA DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar