Perusahaan yang sehat memerlukan sumber daya manusia yang
tepat. Sebagaimana pendapat Jim Collin dalam good to Great, SDM bukanlah aset
perusahaan, tetapi orang yang tepat adalah aset perusahaan.
Pertanyaannya adalah bagaimana cara yang tepat untuk
merekrut karyawan?
Menurut Heppy trenggono (2010) dan Tung Desem Waringin (2010),
ada 3 kriteria yaitu
PIS !
P= passion
I = Integrity
P= Skill
- Passion
Merupakan arti
dari semangat, gairah, antusiasme.
- Integrity
Adalah arti dari rasa tanggung jawab, jujur, dedikasi.
- Skill
Skill atau keahlian menunjukan kemampuan atau atau keahlian
dalam
pekerjaan
Hobi
Hobi menunjukan karakter seseorang. Hobi renang, squash,
joging menunjukan kurangnya kemampuan bekerja dalam team, hobi sepak bola,
basket dll menunjukan ada potensi untuk bisa bekerja dalam team.
Komitmen
Untuk menguji komitmen, ujilah dengan merubah waktu dan
tempat wawancara secara mendadak. Misal untuk marketing ubahlah tempat
interview dengan jarak agak jauh dan di waktu agak malam, jam 12 contohnya.
Test Kejujuran dan Dedikasi
Katakan kepada Mereka bahwa anda akan di test, tentang
kejujuran dan dedikasi anda terhadap kantor, sehingga mereka akan selalu merasa
diperhatikan dan waspada takut berbuat nakal. Lakukan test tersebut dengan mencoba
memastikan kejujuran mereka. Misalnya mintalah mereka membelikan sesuatu ke
toko langganan tapi kita sudah kontak ke toko bahwa kita sedang mengetest
kejujuran anak buah kita.
Jika tidak jujur segera keluarkan, apalagi karyawan kita
orang pintar maka akan semakin besar ia mencuri dari kita.
Menurut teman saya seorang mantan associate konsultan bisnis
dari Australia mengatakan (penulis coba simpulkan); secara umum pekerjaan
kantor bisa dibagi jadi 2 bagian :
1. Bagian internal
Ciri Karyawan internal adalah tidak banyak bicara dan
serius, teliti dalam pekerjaan dan mempunyai wajah yang kurang ekspressif. Rapi
dalam berpakain dan cenderung kaku bersosialisasi.
2. Bagian Eksternal
Ciri karyawan untuk bagian marketing dan front office adalah
orang yang banyak bicara n ekspresif, orang type ini mempunyai potensi untuk
mempengaruhi orang secara baik.
Dalam job interview untuk melihat karakter orang yang pas
dalam pekerjaan bisa kita lihat dari kebutuhan jenis pekerjaan yang dibutuhkan.
Tipikal karakter orang administrasi, adalah tidak banyak
bicara, senang berbuat, dan cenderung pasif. Untuk orang marketing atau bagian penjualan, tipikal
karakernya adalah ekspresif, banyak bicara dan sangat terlihat mudah akrab.
Jenis pertanyaan yang diajukan kepada pelamar sebaiknya
pertanyaan yang memancing pelamar berbicara, kurangilah pembicaraan satu arah
(jawaban ya atau tidak.
Contoh pertanyaan yang bisa diajukan yaitu : coba ceritakan
pengalaman kerja anda, program apa yang akan anda lakukan seandainya anda
diterima dibagian marketing ? Jika dia bisa menjawab dengan baik berarti dia
orang yang sesuai untuk pekerjaan itu.
Rumusan 1:3:5
Pak Tung berkata Jika kita membutuhkan 1 orang karyawan maka
kita bisa menseleksi 5 calon, kemudian kita pekerjakan 3 orang selama 3 bulan secara
kontrak dan akhirnya kita pilih satu yang terbaik.
Ingat; usahakan tidak merekrut saudara (family) di dalam
kantor, karena dia akan kesulitan membedakan hubungan kerja dengan persaudaraan dan mencegah konflik dikemudian hari yang bisa mengganggu kita.
Semoga bermanfaat…
Amiin…
Salam dahsyat…
Author: Ali Norman
DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.
DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar