Tugas MedReps : Survey Apotek

Salah satu tugas Medical Representative (Medreps atau detailer) adalah survey apotek. Kegunaan survey ini adalah untuk mengetahui apakah produk kita telah tersedia di apotek tersebut, kalau telah tersedia, siapakah yang meresepkannya, kemudian juga kita bisa menanyakan mengenai produk kompetitor.

Dengan melakukan survey apotek, kita bisa tahu pola peresepan dokter. Apakah dokter tersebut telah menuliskan resepnya sesuai dosis, atau dokter tersebut menggunakan terapi yang lain selain terapi milik kita.

Teknis pelaksanaannya bisa bermacam-macam, ada apotek yang sudah teradministrasi dengan baik, memiliki sistem pencatatan yang tertata, sehingga setiap resep yang masuk langsung tercatat beberapa hal, misalnya nama dokter pemberi resep, obat yang diresepkan, dosisnya, tanggal berapa diresepkan, dan lain-lain. Kita bisa memperoleh data tersebut dalam bentuk soft copy maupun print out. Namun tidak semua apotek seperti itu.

Orang yang biasanya kita temui untuk mengetahui hal ini adalah asisten apoteker, apoteker, penjaga apotek, bagian pembelian, ataupun pemiliknya langsung. Kalau kita bisa menjalin hubungan baik dengan mereka, maka mereka akan memberikan informasinya dengan senang hati, atau bahkan ketika akhir bulan, kita bisa mintakan order untuk menambah sales.

Penulis : Moh. Bambang Pamungkas

Klik ini: e-book Medical Representative , berisi ulasan lengkap mengenai dunia Medreps!


DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar