Resep Sukses Sebagai Medical Representative


Mungkin Anda masih bertanya-tanya saat ini, saat membaca beberapa artikel tentang Medical Representative di blog ini. Masih ada keraguan, apakah saya cocok dengan profesi ini? Terkait masalah kecocokan ini, kembali berpulang kepada Anda sendiri. Sejauh mana harapan dan definisi sukses menurut Anda. Namun Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda akan cocok atau tidak sebelum Anda mencobanya, bukan?
Saat pertama Anda meniti karir sebagai seorang Medical Representative, kemudian Anda ditempatkan di suatu area yang belum pernah Anda injak, selalu terbersit, apakah saya akan sukses? Berapa lama saya akan bertahan? Bagaimana bila nanti saya gagal?
Saran saya sederhana, syukuri dahulu bahwa Anda telah diterima bekerja! Karena banyak saat ini orang lain yang masih kebingungan mencari kerja.  Berikutnya, buatlah mimpi indah, visualkan sedemikian nyata, seperti apa Anda 5-10 tahun yang akan datang. Menjadi pemenang ataukah pecundang?
Berikutnya praktekkan apa yang telah Anda pelajari selama training di perusahaan, belajar dari senior-senior, membuka diri dengan Medical Representative dari perusahaan lain, asal jangan berbagi rahasia perusahaan loh! Kuasai betul product knowledge perusahaan kita dan pahami juga product knowledge kompetitor. Kita akan dihargai oleh customer kita, yakni dokter, apabila kita terlihat begitu menguasai apa yang tawarkan. Datanglah sebagai seorang konsultan bagi dokter tersebut, bukan datang sebagai sales atau “tukang obat”. Bantulah dokter memutuskan pilihan obat terbaik bagi pasiennya. Jelaskan dengan lancar dan meyakinkan kelebihan produk Anda tanpa menjelekkan produk competitor.
Kuasai juga dengan baik jalur distribusi produk kita, outlet mana saja yang menyediakan, mana yang dalam jumlah besar pengambilannya atau istilahnya pareto. Karena ini akan sangat membantu kala kita butuh sales mendekati akhir bulan.

Jangan lupa untuk bekerja sama dengan distributor maupun sub-distributor dan Pedagang Besar Farmasi (PBF), bersikaplah sebagai mitra kerja yang saling membutuhkan tanpa merasa lebih superior dari pada mereka.

Di sela-sela bekerja, belajarlah mengenai kepemimpinan/leadership, sisihkan gaji untuk membeli buku-buku mengenai pemngembangan pribadi (people development), tambahkan wawasan umum, sehingga Anda dikenal sebagai pribadi yang “berisi”.
Asal ada kemauan dan tekad kuat, saya yakin Anda akan menggapai sukses di kelak kemudian hari. Investasi baik pasti akan menghasilkan kebaikan pula!

Silakan klik di sini untuk download modul Medical Representative.

Penulis : Moh. Bambang Pamungkas



DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.

readbud - get paid to read and rate articles

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar