Langkah awal untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain

Pernahkan anda meminta anak buah anda untuk mengerjakan sesuatu ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang anda minta, padahal anda telah memberikan instruksi dengan jelas ?

Atau 

Pernahkan anda membelikan mainan atau baju untuk anak anda yang menurut anda sangat bagus, tetapi ternyata anak anda tidak mau bermain atau tidak mau memakainya ?

Atau
Pernahkah anda mengatakan sesuatu kepada teman anda dan menerima suatu respons, kemudian anda mengatakan hal yang sama persis kepada teman anda yang lain tetapi responsnya sangat berbeda ? Anda mengatakan hal yang sama, tetapi mereka “mendengar” dan “mengolah apa yang mereka dengar” dengan cara yang berbeda.

Seperti juga saya, anda pasti memiliki anggota keluarga atau teman yang sangat berbeda dengan anda, sehingga mungkin anda bertanya-tanya, “mengapa sih mereka melakukannya” atau “Apa sih yang ada dipikirannya” ?

Perbedaan-perbedaan itu bisa menjadi  sumber dari kemarahan, pertengkaran, kekecewaan dan sakit hati yang menyebabkan memburuknya relasi kita dengan teman, rekan kerja maupun keluarga.   

Dari hasil pengamatan saya, langkah awal untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain adalah :
  • Menyadari dan menerima kenyataan bahwa semua orang berbeda dengan kita. Tidak ada orang di dunia ini yang sama persis walaupun kembar sekalipun.  
  • Berbeda  bukan berarti buruk. Justru keindahan ada karena adanya perbedaan. Perbedaanlah yang membuat dunia ini lebih berwarna dan indah. Musik yang indah tersusun dari nada-nada yang berbeda. Lukisan yang indah tergores dari warna-warna yang berbeda. Perbedaan itu melengkapi dan kerukunan yang terindah adalah kerukunan yang tercipta dari perbedaan.
  • Kita tidak dapat memaksa orang lain untuk berubah. Yang bisa kita rubah adalah diri kita sendiri, dimulai dari mau menerima orang lain apa adanya dan mau melihat sisi positif dari mereka. Semakin banyak sisi positif yang dapat kita lihat dari mereka, semakin baik persepsi kita terhadap mereka dan otomatis semakin baiklah hubungan kita dengan mereka.
Alasan mendasar mengapa seseorang berbeda dengan kita adalah karena mereka memiliki karakter dan personality yang berbeda yang dapat kita amati dari perilaku yang berbeda. 

(Untuk mengetahui personality Anda, silakan download dan isi kuisioner yang ada di sini . Jangan lupa untuk mendownload slide presentasi mengenai personality untuk memahaminya lebih jelas di sini.)-admin.

Terdapat berbagai ilmu yang mempelajari karakter, kepribadian maupun perilaku. Semakin banyak yang kita pelajari semakin terasahlah ketrampilan intrapersonal dan interpersonal kita.

by Evilin Kumala Warangian
Penulis buku DISC The Soul of Selling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar