Menu

4 Tipe Orang yang Pasti Ada di Setiap Kantor, Anda yang Mana?

Dalam sebuah perusahaan biasanya ada bermacam-macam pekerja dengan berbagai kepribadian. Meski bisa memicu 'pergesekan', tak jarang perbedaan karakter justru memperkuat kerjasama tim. Berdasarkan riset yang dilakukan Deloitte Business Chemistry umumnya ada empat tipe umum pegawai yang paling dominan di tempat kerja. Apa saja?

Pioneer

6 Tips Agar Bisa Pulang Kerja Tepat Waktu

Berapa jam kerja Anda di kantor? Delapan jam? Sembilan jam? Rata-rata orang Indonesia memiliki delapan hingga sembilan jam kerja di kantor. Hal ini juga diatur dalam peraturan mengenai Ketenagakerjaan UU No.13 tahun 2003 pasal 77-85. Terdapat dua sistem jam kerja, yaitu delapan jam untuk lima hari kerja dan tujuh jam untuk lima hari plus setengah hari di salah satu enam hari kerja. 

Dengan jumlah jam kerja yang demikian, masih ada beberapa orang yang memilih untuk bekerja lebih dari jumlah yang diharuskan. Beberapa alasan dikemukakan, seperti lembur, masih banyak pekerjaan yang belum selesai, atau hanya sekadar 'malas' menghadapi ramainya jalanan di luar.

Hindari Mengucapkan 3 Hal Ini Jika Ingin Cepat Naik Gaji

Kenaikan gaji dengan jumlah yang signifikan tentu diinginkan setiap pekerja. Sayangnya, hal tersebut kadang tidak mudah didapatkan setiap tahunnya. Apalagi jika tidak banyak kesempatan untuk Anda memperlihatkan potensi atau kemampuan di depan para atasan.

Jika Anda memang ingin menaikkan penghasilan jalan satu-satunya adalah meminta naik gaji atau pindah kerja. Saat melakukan upaya kenaikkan penghasilan persiapkanlah strategi dengan baik dan perhatikan cara Anda mengungkapkannya. Sebaiknya, hindari tiga hal ini jika ingin permintaan Anda dikabulkan:

Bernafas Seperti Ini Saat Pagi Bisa Bikin Anda Produktif Seharian

Hal-hal yang dilakukan para orang sukses dunia memang menarik untuk diketahui. Diharapkan, kita bisa mengembangkan karier dengan mengikuti kebiasaan-kebiasaan mereka. Kebanyakan orang sukses diketahui memulai harinya dengan cukup awal bahkan bangun sebelum subuh. Selain bangun pagi, pakar karier mengatakan jika orang-orang sukses punya bernafas dalam selama tiga menit yang membuat produktif seharian.

Pelatih karier dan kepemimpian Carole Gaskell mengungkapkan jika ada satu cara mudah yang dilakukan orang sukses agar produktif sepanjang hari. Yakni dengan menyediakan waktu hanya tiga menit untuk bernafas dalam-dalam. Apa gunanya?

Hanya 30 Detik, Kebiasaan Para Wanita Sukses Ini Patut Anda Ikuti

Sukses tentu butuh kerja keras, kedisiplinan, hingga terus berkembangnya ilmu dan kemampuan. Namun hal-hal kecil juga bisa ikut mengantar Anda pada peningkatan karier yang maksimal. Sejumlah penelitian sudah membuktikan jika wanita sukses di dunia sering berbagi kebiasaan yang diketahui punya efek positif pada pekerjaan. Salah satunya adalah minum air putih setelah bangun pagi. Apa manfaatnya?

Minum air putih setelah bangun tidur menjadi kebiasaan Kat Cole (presiden Brands) hingga Arianna Huffington (founder Huffington Post). Meski terdengar sepele ternyata hal tersebut punya manfaat yang bukan hanya baik untuk kesehatan tapi juga pekerjaan. Yakni membuat otak lebih waspada sehingga nantinya Anda bisa mengerjakan tugas lebih lancar. Berikut manfaat minum segelas air putih pasca bangun pagi selengkapnya:

Ini yang Dikorbankan Wanita Bekerja Sambil Mengurus Rumah Tangga

Wanita bekerja yang juga mengurus keluarga dan anak terkadang dihadapkan dengan berbagai tantangan untuk menyeimbangkan urusan karier dan rumah tangga. Bukan hanya kekurangan 'me time', tak jarang wanita harus mengesampingkan kesehatan karena banyaknya aktivitas.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan Australian National Universty mengungkapkan demikian. Menurut penelitian tersebut, kesehatan wanita sering diabaikan ketika mereka bekerja penuh waktu. Hal itu dikarenakan para wanita karier masih harus mengurus anak, suami, dan keperluan rumah tangga lagi saat pulang ke rumah.

Seperempat Karyawan Menangis Setelah Evaluasi Kerja, Anda Juga?

Pernahkah Anda merasa sedih bahkan menangis setelah dievalusi oleh manajer atau bos? Jika iya, Anda tidak sendirian. Ulasan bernada negatif dari atasan mengenai performa kerja tentu tidak enak didengar jadi wajar merasa kecewa atau marah. Penelitian terbaru pun membuktikan bahwa hal ini dialami hampir seperempat karyawan.

Studi dilakukan Adobe untuk mengukur respon pegawai terhadap evaluasi performa tahunan. Dari situ diketahui bahwa dari 1.500 pekerja yang disurvei, 22% di antaranya mengaku menangis paling tidak sekali setelah diberi ulasan buruk oleh atasan. 22% lainnya bahkan ingin langsung mengundurkan diri dari pekerjaan.

6 Tanda Anda Harus Segera Resign dan Cari Pekerjaan Baru

Meski pekerjaan sudah sangat tidak menyenangkan, terkadang tetap tidak mudah untuk mengambil keputusan resign dari perusahaan. Beberapa orang masih memikirkan sulitnya cari kerja baru atau tidak ingin berpisah dengan rekan-rekan terdekat sehingga menunda pengunduran diri.

Padahal bertahan dengan pekerjaan yang tidak bisa dinikmati bisa berakibat buruk pada kesehatan mental dan perkembangan karier. Untuk itu, coba cek apa enam tanda di bawah ini sedang Anda alami. Jika demikian, segeralah cari pekerjaan baru!

5 Postingan di Sosmed yang Buat Anda Susah Dapat Kerja

Bekerja di perusahaan besar menjadi impian banyak orang. Andakah salah satunya? Jika begitu, mulailah melakukan filter pada unggahan-unggahan Anda di media sosial. Dikatakan jika semakin banyak perusahaan, terutama bank memeriksa media sosial calon pelamarnya. Hal serupa juga dilakukan para investor sebelum memutuskan apakah mereka akan mempecayai uangnya pada orang tertentu. Untuk itu, hindari posting lima hal ekstrim ini jika ingin cepat dapat kerja:

1. Menggunakan Obat-obatan Terlarang

Momen-Momen Canggung yang Pasti Pernah Anda Alami di Kantor

Meski lingkungan kerja biasanya formal, momen canggung pasti pernah Anda temukan. Misalnya ketika harus 'berduaan' dengan bos di lift atau 'diceramahi' pasca melakukan kesalahan. Situasi seperti itu tentu tidak bisa dihindari karena Anda pasti berinteraksi setiap harinya. Untuk menghindari salah bersikap ketika itu terjadi, pakar karier mengungkap lima momen canggung yang sering terjadi dan cara menghadapinya:

Ingin Minta Promosi

Tips Cepat Diterima Kerja Hanya dengan 1 Kali Wawancara

Mendapat pekerjaan bukan hal yang mudah di zaman sekarang. Kadang-kadang pelamar perlu melakukan beberapa wawancara sebelum akhirnya diterima satu perusahaan. Hal tersebut tentunya menyita waktu dan membuat mental sedikit down. Jika Anda ingin cepat diterima kerja dengan satu kali wawancara, penting untuk serius mempersiapkan diri sebelum bertemu calon atasan. Simaklah enam tips berikut ini sebelum interview dengan perekrut kerja:

1. Lakukan Riset

5 Pertanyaan yang Membuat HRD Terkesan Saat Wawancara Kerja

"Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk saya?" adalah pertanyaan yang tak terelakkan dalam wawancara pekerjaan. Anda harus selalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada pewawancara untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dalam pekerjaan itu. 

Mengajukan pertanyaan yang tepat bisa mengesankan pewawancara, itu juga dapat membuat Anda terlihat bijaksana dan antusias. Pertanyaan Anda juga merupakan kesempatan untuk mengetahui apakah Anda adalah orang yang tepat dan sesuai untuk perusahaan. Dilansir dari laman Pop Sugar, berikut pertanyaan yang dapat membuat pewawancara terkesan pada Anda saat wawancara pekerjaan.