Kisah Inspiratif Kehidupan Nyata Seorang Jack Ma

Jack Ma terlahir pada tanggal 10 September 1964 di Provinsi Hangzhou. Pria ini melalui masa kecil yang tidak mudah karena berasal dari keluarga yang kurang mampu. Dia pun memutar otak supaya dapat menjadi orang yang sukses.

Saat umurnya 12 tahun, Jack Ma berusaha mempelajari bahasa Inggris secara autodidak dengan mendengarkan siaran radio. Tak hanya itu, setiap hari dia pergi ke Distrik West Lake untuk bertemu dengan turis asing dan menawarkan menjadi pemandu gratis supaya dia bisa berlatih bahasa Inggris. Hal tersebut dilakukannya kurang lebih selama delapan tahun.

Baca juga : 8 Rahasia untuk Mencapai Karir Yang Sukses

Ketika mendaftar di perguruan tinggi, Jack Ma sempat ditolak berkali-kali oleh universitas pilihannya. Namun, dia tidak menyerah hingga akhirnya bisa diterima di Hangzhou Teachers Institute pada tahun 1988. Sayangnya setelah lulus, dia juga banyak ditolak saat memasukkan lamaran kerja. Dia pun kemudian menjadi seorang guru Bahasa Inggris dengan gaji kecil di sebuah universitas.

Pada tahun 1995, Jack Ma memutuskan untuk pergi ke Amerika sebagai penerjemah. Di sana, dia bertemu dengan seorang kawan yang mengenalkannya pada internet. Saat mencari tentang Tiongkok di internet, dia tidak dapat menemukan informasinya sama sekali. Oleh karena itu, dia kembali ke negara asalnya dan membuat perusahaan yang melayani jasa pembuatan website bernama China Pages.

Usaha yang dijalankan Jack Ma tersebut bisa dibilang cukup sukses. Pada tahun 1998, dia bekerja pada sebuah departemen yang menangani penjualan produk online di bawah Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Namun pada tahun 1999, dia memutuskan untuk mundur dari pekerjaan tersebut.

Baca juga : 7 Tips Karir Tanpa Peduli Usia

Setelah itu, dia mengumpulkan beberapa temannya yang bisa diajak kerjasama untuk membuat sebuah perusahaan belanja online, Alibaba. Meskipun pada awalnya perusahaan lain tidak ada yang mau bekerja sama, tapi berkat ketekunan dan kerja keras akhirnya berkembang dengan baik. Bahkan, perusahaan teknologi tersebut mampu bersaing dengan perusahaan raksasa lain seperti Google, Apple, dan Microsoft.

Siapa, sih, yang tidak kenal Jack Ma? Pria asal Tiongkok itu adalah seorang miliarder sekaligus pemilik dari situs e-commerce besar, Alibaba. Dari kisah inspiratif kehidupan nyata Jack Ma ini kamu mengambil suatu pelajaran, yaitu untuk tidak menyerah. Jack Ma ditolak beberapa kali dari universitas yang diinginkannya, dia juga mengalami banyak penolakan saat melamar pekerjaan. Tapi, dia tidak menyerah begitu saja, bahkan terus berusaha untuk mewujudkan mimpinya.

Apakah kamu sekarang sedang kecewa karena mengalami hal yang sama? Kalau iya, sebaiknya jangan terlalu lama berkubang dalam rasa kecewamu itu. Kamu bisa saja ditolak pada hal kecil karena sudah dipersiapkan untuk melakukan hal yang besar.

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

1 komentar:

  1. Thanks infonya mantep banget. Oiya, saya juga nemu referensi artikel lain nih yang ga kalah menarik. Di sini Jack Ma mengaku kalo dirinya tuh gaptek alias gagap teknologi. Lalu kenapa dia bisa membesarkan perusahaan teknologi seperti Alibaba ya? Cek selengkapnya di sini ya man teman: Terungkap, inilah rahasia sukses Jack Ma sebagai pemiliki Alibaba, padahal aslinya gaptek!

    BalasHapus