Hal-hal Tak Terduga yang Menghalangi Anda Dapat Promosi Kerja

Hampir semua pekerja menginginkan perkembangan karier yang cepat. Untuk mendapatkannya, banyak pegawai bekerja keras dan selalu bersikap profesional. Namun jangan pula berlaku terlalu sempurna di tempat kerja. Menurut Ann Rice yang menulis buku 'Find Your Dream Job', hal tersebut bisa membuat Anda terlihat seperti bawahan daripada pemimpin. Berikut lima hal tak terduga yang ternyata bisa menghalangi Anda mendapatkan promosi kerja:

1. Terlalu Lama Kerja
Agar tugas kantor pribadi atau divisi lebih cepat selesai mungkin Anda kerap bekerja lembur hingga malam. Sebaiknya Anda tidak terlalu rajin melakukannya. Selain bisa mengganggu hubungan dengan pasangan atau keluarga, hal tersebut juga dapat membuat Anda terlihat sebagai seorang yang mudah disuruh. Jika Anda memang kewalahan dengan pekerjaan, coba minta bantuan anak magang atau konsultasi dengan manajer.

"Ada garis tipis antara pemimpin dan pesuruh, jadi pilih tugas kerja dan bagaimana kamu menghadapinya dengan bijak. Hati-hati dalam membantu kemalasan orang lain. Kamu bisa menjadi orang yang suka menyenangkan orang lain dengan  bantahan lemah. Selalu bekerja lembur juga memberikan kesan kamu tidak bisa mengerjakan tugas dengan cepat," kata Ann pada Cosmopolitan.

2. Menghindari Gosip Kantor
Anda mungkin tidak suka bergunjing atau tidak mau terlibat masalah sehingga jarang bergosip dengan rekan-rekan. Siapa sangka hal tersebut bisa membuat Anda jauh dari promosi kerja? Bergosip ternyata bisa menyatukan dan menguatkan ikatan antar pegawai. Tidak mau sama sekali berpartisipasi bisa menandakan Anda tidak bisa bersosialisasi atau bekerja tim. Meski begitu, tetap hindari gosip di luar batas profesional yang mengganggu kehidupan pribadi seseorang.

3. Tidak Pernah Buat Kesalahan
Kesalahan diperlukan seseorang untuk mengembangkan ilmu dan pengalaman. Untuk itu, tak perlu takut membuatnya terlebih bila Anda masih tergolong muda. Bersikap perfeksionis dalam karier memang tidak dilarang asal tidak berlebihan. Menurut Ann, orang yang terlalu sempurna sering kehilangan momen promosi karena sibuk mengurusi hal kecil yang sebenarnya tak terlalu penting.

4. Meja Terlalu Rapi
Banyak ahli kerja yang menyarankan agar pegawai punya meja yang rapi dan bersih. Tapi Ann mengatakan tempat kerja yang terlalu tertata juga kurang baik. Menurutnya, hal tersebut bisa membuat Anda terlihat kurang produktif. "Sedikit berantakan bisa menunjukkan bahwa Anda orang yang kreatif dan tahu bahwa mengerjakan tugas lebih penting dari merapikan (meja)," tambah Ann.

5. Busana Terlalu 'Pintar'
Banyak orang mengatakan bila pekerja yang berpakaian profesional selayaknya atasan akan memiliki karier yang cepat berkembang. Meski begitu, Anda tidak perlu bergaya seperti bos setiap saat ketika Anda masih bawahan.

"Teorinya adalah jika kamu berpakaian seperti bos mereka secara otomatis akan menganggapmu di atas mereka. Tetapi itu bisa mengucilkanmu dari rekan-rekan. Daripada begitu, tunjukkan personaliti dan gaya dalam berbusana. Berani tampil beda menunjukkan percaya diri yang lebih tinggi," tuturnya.

Rahmi Anjani - wolipop

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar