6 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Pekerjaan Tidak Membuat Stres

Stres karena pekerjaan kerap kali dialami karyawan. Biasanya yang dapat menyebabkan stres saat bekerja adalah persaingan antarkaryawan, pekerjaan yang terlalu menumpuk, konflik dengan atasan, atau jenuh dengan pekerjaan. Apapun yang dapat menyebabkan Anda stres, tidak boleh dibiarkan berlarut-larut sehingga dapat mengganggu kualitas hidup. Cobalah 6 cara ini untuk mengatasi stres karena pekerjaan, agar dapat menyeimbangkan dunia kerja dan kehidupan pribadi. 

1. Luangkan waktu Anda

Setelah lima hari bekerja di kantor, cobalah luangkan waktu Anda bersama keluarga dan teman-teman ketika akhir pekan atau ambil cuti. Anda bisa menggunakan waktu luang itu untuk berlibur dan menikmati pemandangan alam seperti pantai atau gunung, biasanya udara segar dari pantai atau gunung dapat melepaskan stres dari hiruk pikuk kota. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk berpergian jauh, Anda juga bisa berlibur ke taman hiburan atau sekadar menonton film di bioskop.

2. Atur Waktu
Menurut Female First, kerjakan hal yang lebih penting terlebih dahulu, lihat mana yang menjadi prioritas. Mengatur kegiatan akan membuat Anda lebih disiplin dan menghindari kegiatan yang bentrok. 

3. Pulang Kerja Tepat Waktu
Buat jadwal jam pulang kerja Anda, jangan terlalu sering menghabiskan waktu terlalu lama di kantor. Itu tidak baik untuk kehidupan sosial Anda. Pulang dari kantor sesuai jadwal yang Anda buat, kecuali jika diharuskan lembur.

4. Lakukan Hobi
Lakukan kegiatan yang membuat Anda senang, lakukan hobi Anda tersebut saat sedang tidak bekerja. Melakukan apa yang Anda senangi tidak akan membuat Anda merasa terbebani.

5. Berolahraga
Olahraga dapat membuat badan menjadi tambah bugar dan membangun mood. Olahraga juga dapat membuat tidur dan aktivitas Anda terasa lebih nyaman. Anda tidak perlu berlama-lama berolahraga, cukup 30 menit dalam sehari, buat badan Anda berkeringat.

6. Tidur Cukup
Tidur dapat membuat badan Anda lebih relaks. Tidur selama 7 sampai 8 jam saat malam hari, dapat membuat badan Anda terasa lebih segar saat keesokan hari dan bersemangat untuk menjalani aktivitas.

Aulia Han - wolipop

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

2 komentar:

  1. Tambahan untuk yg Muslim: banyak istighfar, rajin sholat tahajud, dhuha, infaq, shodaqoh, dan puasa sunah senin kamis

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mas Sujarwoto, terima kasih atas masukannya. Sukses selalu ya!

      Hapus