Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ambil Tawaran Kerja Sambilan

Kerja sambilan memang tidak selalu semata-mata dilakukan karena uang. Selain untuk menambah kecukukan kebutuhan ekonomi, banyak orang memiliki lebih dari satu pekerjaan demi mengembangkan karier atau hobi. Hal itu juga tak jarang dilakukan oleh wanita terutama mereka yang memiliki kemampuan khusus seperti merias wajah atau memasak. Punya kerja sambilan memang tidak selalu mudah apalagi bila Anda sudah berkeluarga. Sebelum mengambil tawaran kerja sambilan, ini yang perlu Anda perhatikan.

1. Transparan
Yang pertama kali harus dilakukan sebelum mengambil kerja sambilan adalah memastikan jika hal tersebut tidak menyalahi aturan. Jika Anda ingin mengambil tawaran di perusahaan lain, pastikan bila kantor Anda memperbolehkan. Dilansir My Domaine, Anda perlu perhatikan kembali kontrak kerja sebelum terima tawaran.

Kemudian bicarakan pula hal ini dengan manajer dan rekan satu tim. Pastikan pula jika mereka tidak keberatan dan tugas Anda tidak akan terbengkalai karenanya. Lalu diskusikan mengenai jadwal kerja dengan kedua belah pihak.

2. Ketahui Pasar
Ketahui pula kondisi pasar atau industri tempat Anda bekerja. Sebelum menekuni pekerjaan sambilan, Anda bisa bertanya pada orang-orang yang sudah lama berkecimpung di bidang itu, salah satunya mengenai gaji. Jika usaha dengan uang yang dihasilkan tidak sebanding, Anda masih belum terlambat untuk mundur.

Namun jangan pula menjadikan hal itu sebagai penghalang Anda untuk mengambil pekerjaan kedua. Apalagi jika kerja sambilan itu berbentuk bisnis di mana Anda perlu mencoba untuk mengembangkan ilmu dan pengalaman.

3. Buat Rencana Kerja
Banyak orang ragu untuk mengambil kerja sambilan karena takut tidak bisa membagi waktu. Untuk itu, buatlah penjadwalan yang matang sebelum menerima tawaran pekerjaan kedua. Setelah dibuat, terapkan rencana tersebut dengan baik lalu lakukan evaluasi di akhir bulan. Jika perlu, manfaatkan aplikasi pengatur jadwal di ponsel Anda agar tidak ada tugas yang terbengkalai.

4. Perluas Jaringan
Mulailah berusaha untuk memperluas jaringan pertemanan Anda. Pastikan bila banyak orang mengetahui kemampuan Anda dan kebersediaan Anda untuk punya beberapa pekerjaan. Buat mereka percaya pada Anda, salah satunya adalah dengan berpenampilan menarik sesuai dengan industri kerja. Perhatikan pula bagaimana Anda membawa diri. Kemudian benahi jejaring sosial profesional Anda agar lebih mudah ditemukan oleh perekrut.

5. Kartu Nama
Salah satu tips simpel untuk memperluas karier adalah selalu menyediakan kartu nama. Bagikan kartu nama itu terutama ketika Anda tengah menghadiri acara dengan banyak calon klien atau perekrut. Jika bisa, jangan mengandalkan kartu nama dari perusahaan tempat Anda bekerja. Anda bisa membuatnya sendiri dengan huruf dan keterangan yang lebih sesuai industri pekerjaan sampingan.

Rahmi Anjani - wolipop

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar