Pake Otakmu Dong!

Seandainya ada orang yang mengatakan kepada Anda: “Pake otakmu dong!” Bagaimana perasaan Anda? Tersinggung sih nggak ya. Cuman pengen nonjok aja…hahaha. Tapi kalau direnungkan lagi, ada benarnya juga ya. Kita kan diciptakan Tuhan dengan kelebihan otak itu. Jadi, kenapa mesti tersinggung kalau ada orang yang menyuruh kita pake otak. Iya sih, tapi tetep aja nggak enak. Kalau dibilangin begitu sama orang lain nggak enak, maka ada baiknya kita sendirilah yang bilang. Kan nggak perlu tersinggung kalau yang ngomong kita sendiri. Ayo, mulai sekarang katakan pada diri Anda; “Pake Otakmu Dong!”
Berbeda dengan otak binatang, otak manusia didesain untuk membantu menemukan solusi atas setiap permasalahan yang kita hadapi. Siapa sih orang yang tidak mempunyai masalah dizaman ini? Saya nggak percaya ada orang yang seperti itu. Setiap orang punya masalah. Namun ada yang terampil menyelesaikan masalah itu sendiri, dan ada pula yang bergantung pada orang lain. Lah, kalau ada orang lain yang bisa menyelesaikan masalah kita; ngapain mesti kita sendiri kan? Iya kalau ada yang mau kasih solusi. Kalau tidak? Bisa terus terkungkung oleh masalah itu selama-lamanya kan?
 
Laa yukallifullaaha nafsan illaa wus’aha. Demikian Allah berfirman. Dia, tidak membebani seseorang melebihi kemampuan orang itu. Tapi kenapa ya kita sering dihadapkan pada masalah yang sangat berat sampai nggak tahu lagi gimana mengatasinya. Sampai kita berburuk sangka pada Tuhan. Mengira Dia menyulitkan. Padahal, sesungguhnya setiap kesulitan yang kita terima itu pasti sesuai dengan takaran kemampuan kita.
 
Tidak. Tuhan tidak mungkin memberi beban lebih banyak dari kemampuan kita. Karena sebelum menguji kita, Dia sudah terlebih dahulu membekali kita dengan perangkat yang sangat canggih. Yang memungkinkan kita untuk menemukan solusi atau jalan keluar dari setiap permasalahan itu. Perangkat canggih itu disebut otak. Makanya, pake otak dong. Jleb!
 
Perhatikan orang-orang yang bisa keluar dari masalah hidupnya. Kebanyakan mereka bukanlah orang yang bergantung kepada orang lain. Nungguin orang lain nolongin. Zaman serba riweuh kayak sekarang mah sulit ngarep orang lain yang mau nolongin anytime. Ada sih. Tapi, pasti ada taripnya. Kalau nggak pake tarip, dijamin nggak bakal menjadikan kita sebagai prioritasnya. Dia mata duitan? Bukan. Dia pun punya masalahnya sendiri yang mesti dipriotitaskan.
 
Secara fisiologis, sesungguhnya manusia normal seperti kita sudah menggunakan kapasitas otak ini hingga 100%. Hal ini didasarkan pada fungsi otak dalam melakukan regulasi atau pengendalian terhadap fungsi-fungsi organ tubuh lainnya. Setiap organ tubuh berhubungan langsung dengan otak, dan fungsi fisiologisnya diatur oleh otak. Jadi, kita sudah kok pake otak 100%. Tapi, bukan fungsi fisiologis itu yang menjadi keunggulan otak kita. Melainkan fungsi berpikir. Akal, kita biasa menyebutnya.
 
Jadi, bukan sekedar pake otak sih sebenarnya yang menjadi PR besar kita. Kalau otak mah selama ini juga kepake terus untuk memfungsikan sekujur tubuh. Kuda nil juga begitu. Tikus. Kucing. Semua mahluk berotak pasti pake otak. Tapi tidak semua yang berotak punya akal kan? Dan sayangnya, tidak semua yang berakal menggunakan akalnya secara maksimal. Padahal, akal adalah perkakas utama dalam problem solving process. Maka ketika kita tidak menggunakan akal secara maksimal, kita bakal terjebak dalam segala permasalahan hidup yang tidak terselesaikan.
 
Orang yang menggunakan akal, tidak berarti bakal bebas dari masalah. Namun ketika akalnya bekerja, dia bakal sampai kepada pemahaman demi pemahaman. Penemuan demi penemuan. Pencerahan demi pencerahan. Terus begitu sepanjang hayatnya. Sehingga meskipun dihadapkan pada banyak masalah; dia tidak terlampau gundah. Karena, melalui akalnya dia paham bahwa Allah, meletakkan kemudahan dalam setiap kesulitan. Maka jika kita tidak menemukan solusi dalam kesulitan yang saat ini kita hadapi, mungkin kita belum menggunakan akal ini. Pake akal deh. In sya Allah akan kita temukan jalan keluarnya.
 
Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
 
Catatan kaki:
Kalau sekedar pake otak, kerbau pun memakainya. Tapi menggunakan akal itulah yang menjadikan kita berbeda dengan mahluk-mahluk lainnya. Dan akal itulah pintu menuju gudang solusi atas setiap permasalahan yang kita hadapi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar