Hak Tubuh Kita

Sudah berapa lama tubuh itu melayani Anda? Tentu sudah sejak lahir ya. Tinggal hitung berapa umur kita. Selama itu pula tubuh bekerja untuk kita. Pertanyaan; apakah Anda sudah memenuhi haknya? Tubuh kita kan punya hak juga. Untuk kita layani. Bukan sekedar melayani kita.

Makanan, iyalah sudah kita berikan. Makanya tiap hari kita makan. Tapi waktu Anda makan, apakah memang sedang memberi tubuh apa yang menjadi haknya? Ataukah sekedar mengikuti kegemaran untuk 'mengunyah'.Apa bedanya? Banyak. Tubuh kita berhak mendapat nutrisi yang baik. Tapi nafsu mengunyah mendorong kita untuk 'ngembat' apa saja, asal rasanya enak. Nggak soal kalau makanan itu tidak sehat kan? Itu contohnya.

Hak tubuh adalah juga untuk meregang dan merileks. Kita memberikan hak itu melalui olah raga. Pertanyaan; kapan terakhir kali Anda berolah raga? Nah loh. Sudah lama? Hayoh, bangkit dari kursi nonton itu. Pake sepatu. Lalu gerakkan tubuhmu. Dia berhak untuk sehat.

Apa lagi hak tubuh kita? Banyak banget. Untuk saat ini, cukup dua itu saja dulu. Nutrisi yang baik. Dan olah raga yang cukup.

Soal nutrisi, Allah memerintahkan untuk hanya menyantap makanan yang halal dan baik. Halal, tapi tidak baik; jauhi. Baik, tapi tidak halal; tinggalkan.

Untuk olah raga, Rasulullah SAW mencontohkan ketangkasan tubuh di darat, di air, dan bela diri.

Jika nutrisi kita baik, fisik kita baik, ibadah kita baik; insya Allah kualitas hidup kita juga akan lebih baik.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar