Hal Menyebalkan Di Kantor

Kantor, kadang menjadi tempat yang sangat mengesalkan. Meski nggak kepengen, ada saja kejadian yang membuat hati jadi dongkol. Mulai dari teman yang menimpakan beban pekerjaan. Atasan yang nyari-nyari kesalahan. Pelanggan yang ngomel-ngomel tanpa alasan.

Normal, jika hal-hal semacam itu terjadi dikantor Anda. Soalnya, kantor bukanlah tempat dimana segala sesuatunya berada dibawah kendali kita. Yang penting, jangan sampai kekesalan itu tinggal terlalu lama didalam hati. Sebentar saja keselnya. Habis itu, plong lagi.

Kenapa? Karena kekesalan yang dipelihara malah membuat kita sengsara. Bete aja bawaannya. Padahal, kita kerja buat nyari kesenangan kan? Kita pengen hidup sejahtera. Maka rugi, kalau malah menderita, hanya gara-gara kejadian nyebelin disana.

Apalagi kalau sudah punya keluarga. Kekesalan yang disimpan dihati bakal dibawa pulang. Istri yang masakannya belum mateng kena marah. Suami yang nyimpen handuk sembarangan menyebabkan kita ngomel. Anak yang berantakin kamar membut kita jadi bawel. Masak sih, gara-gara sebel sama urusan kantor penyalurannya sama orang dirumah. Gak fair kan?

Kekesalan macam itu juga menyebabkan kita kepengen keluar dari situ. Pengen nyari kerjaan lain yang nggak kayak gitu. Padahal, diluar sana belum tentu ketemu tuch. Pindah kerja juga bisa jadi sama ajah. Malah mungkin lebih parah.

Hal yang mengesalkan itu lumrah. Dimana-mana ada. Selama kita bisa menyikapinya dengan baik, nggak bakal jadi masalah. Pandai-pandai mengelola perasaan. Cari teman yang bisa saling menguatkan. Baca broadcast atau milis yang bagus. In sya Allah, semangatnya bisa on terus.

Ingatkan pula atasan bahwa kita semua membutuhkan penyegaran. Bisa apa saja kegiatannya mah. Mungkin outing. Refreshing. Atau training. Usulkan saja siapa trainer yang cocok untuk diundang. Supaya ditengah rutinitas dan kesebalan itu ada juga yang bikin hati kita tenang dan senang.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
Dadang Kadarusman

Catatan kaki:
Jika ada hal yang bikin kesal dikantor Anda, mungkin bukan hanya disana kejadiannya. Dikantor lain juga mungkin sama saja. Jadi, mencari tempat lain bukan solusi terbaiknya. Latihan menjaga perasaan dalam menyikapi situasi seperti itu akan sangat berguna buat kita. Supaya selama menjalani pekerjaan itu, kita merasakan senangnya.

Baca artikel-artikel terbaik yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar