Biar Seneng Rasanya Kerja Di Situ

Anda seneng nggak, kerja disitu? Kalau saya boleh sok tahu, pada dasarnya kita nggak suka bekerja ditempat kita kerja sekarang. Namun karena butuh, ya mau tidak mau dijalani saja.

Normal? Normal banget. Karena, kebanyakan orang tidak bekerja di 'the best place to work for'. Kantor kita, belum masuk kategori 'tempat kerja terbaik'. Di dunia ini, hanya beberapa gelintir perusahaan saja yang menyandang gelar itu. Selebihnya, merupakan tempat kerja yang tidak ideal.

So what? So, wajar jika dikantor yang tidak ideal itu terjadi sesuatu yang diluar harapan. Atasan yang nyebelin. Anak buah yang membandel. Kolega yang bikin kesel. Kebijakan perusahaan yang nggak asik. Aturan yang kaku. Dan situasi yang bikin nyesek lainnya.

And so, menjadi tidak wajar jika kita bekerja di tempat yang tidak ideal tapi ngarep segala sesuatunya ideal. Gak mungkin banget. Jika sudah tahu hal itu tidak mungkin; kan lucu juga kalau masih menuntutnya. Wong wis ora mungkin lha kok mekso.

Terus piye? Kita, mesti maklum demikian adanya. Karena ketika kita bisa memakluminya, maka jiwa kita bisa lebih enak menerimanya. Sehingga nggak terlampau kecewa jika menghadapi sesuatu yang nggak seru.

Itu loh yang membuat kita bisa seneng kerja disitu. Karena rasa senang kita tidak sepenuhnya ditentukan oleh perusahaan, melainkan oleh kemampuan kita; dalam mengelola perasaan.

Saya tidak memaksakan hal ini pada Anda. Hanya menyarankan saja. Jika Anda tidak menerima saran ini juga tak masalah. Tapi, jangan heran jika setiap hari Anda merasa tidak nyaman menjalani pekerjaan itu. Toh Anda sendiri yang memilih untuk bersikap seperti itu.

Jika Anda ingin lebih nikmat menjalaninya, Anda mesti memperbaiki cara menyikapi pekerjaan dan segala sesuatu yang terjadi didalamnya. Jika Anda butuh nasihat atau penyemangat lainnya, carilah. Toh banyak sumbernya dan bisa didapat dengan mudah.

Kalau perlu trainingnya, banyak juga pilihannya. Anda, tinggal usulkan saja kan? Perusahaan mungkin bisa sesekali mengadakannya. Minimal 1 kali dalam setahun. Dan Anda boleh mengusulkan siapa trainernya.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
Dadang Kadarusman

Catatan kaki:
Kalau tidak merasa senang bekerja disana, bagaimana mungkin bisa meraih pencapaian tinggi? Maka kalau ingin berhasil disitu, mesti belajar menyenangi apapun situasi yang kita alami disitu.

Baca artikel-artikel terbaik yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar