Anugerah Tak Terduga Dalam Karir

Orang bilang, segala sesuatu harus diperjuangkan. Betul ya? Tapi kenapa kok ada orang yang selalu beruntung dalam hidupnya? Nggak berjuang keras, namun apa yang diperebutkan kebanyakan orang malah dengan gampangnya menclok dipundak seseorang yang adem ayem.

Salah satu contoh menarik soal ini baru saja terjadi. Anda tentu tahu bahwa calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden sudah disetujui DPR. Namun, KPK punya keputusan yang berbeda. Sehingga Presiden menunda pengangkatannya.

Yang paling menarik adalah ketika Presiden menunjuk Wakapolri untuk menjadi Pelaksana Tugas (PLT) kapolri. Pak Wakapolri itu, tidak ikut hiruk pikuknya. Namun, jabatan bergengsi itu seolah menyerahkan diri kepadanya.

Anugerah tak terduga? Iya. Banyak kok situasi yang memungkinkan hal itu. Misalnya, manager tiba-tiba dipindahtugaskan. Atau boss secara mengejutkan dapat 'golden shake hand'. Atau, seorang senior tiba-tiba resign.

Peristiwa itu meninggalkan kursi kosong. Dan itu menjadi peluang munculnya anugerah tak terduga dalam karir kita. Pertanyaannya adalah; 'apakah kita yang mendapatkan anugerah itu, ataukah orang lain?'.

Yang jelas, anugerah tak terduga selalu jatuh kepada orang yang tepat. Artinya, orang yang pada situasi kritis itu memiliki kecakapan dan kesiapan yang memadai. Maksudnya, hanya orang yang sudah cakap dan siap yang bakal mendapatkannya.

Memang, anugerah tak terduga itu datangnya tiba-tiba alias entah kapan. Namun kecakapan dan kesiapan bisa kita bangun secara terencana. Sehingga sejak saat ini, kita sudah bisa mempersiapkan diri untuk kehadiran anugerah tak terduga itu.

Gimana sih caranya? Gampang. Sesimple ngitung 1,2, 3 saja kok. 
Satu, dekatkan diri kepada Yang Maha Mengatur. Karena Dia adalah 'penyusun skenario' semesta ini. Dia, yang menentukan takdir kita.

Dua, milikilah kemampuan 1 level di atas posisi Anda saat ini. Karena, dengan kemampuan yang lebih tinggi Anda membangun kepercayaan pengambil keputusan.

Tiga, bangun hubungan yang baik ketas, kebawah, dan kolega selevel Anda. Karena, hubungan 360 derajat itu memperkuat reputasi Anda dan membuat orang lain 'mengenal Anda'. Sehingga nama Anda menjadi TOP OF MIND dalam benak mereka.

Ikhtiar dan kerja keras Anda berguna untuk menggapai sesuatu 'yang kelihatan'. Sedangkan ketiga cara diatas membuat Anda bersiap diri untuk sesuatu yang berada 'diluar jangkauan nalar dan panca indera'. Sehingga peluang berhasilnya menjadi lebih besar, bukan? Selamat mencoba.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
Dadang Kadarusman

Catatan kaki:
Sebagian besar hal yang kita dapatkan dalam hidup, ternyata bukan yang bisa kita bayangkan sebelumnya. Apa yang kita lihat atau bayangkan malah luput. Tapi kita dapatkan apa yang tidak kita duga sama sekali. Bukti bahwa anugerah Tuhan itu sangatlah melimpah ruah.

Baca artikel-artikel terbaik yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar