Penampilan Pelamar Bisa Pengaruhi 80% Hasil Interview Kerja


Sesi wawancara merupakan salah satu tes yang wajib diikuti oleh setiap pelamar kerja. Tidak hanya pengetahuan saja yang harus dipunya saat wawancara, tapi penampilan juga penting diperhatikan karena bisa mempengaruhi penilaian pewawancara.

Ada beberapa perusahaan yang 80 persen penilaiannya dilihat dari cara berpakaian si pelamar. Namun ada pula perusahaan yang memberikan penilaian 50 persen untuk penampilan sisanya berdasarkan jawaban-jawabannya.

"Ini agak-agak subyektif ya, ada yang hampir 80 persen user melihat kandidat dari penampilannya, ada juga yang paling 50 persen mereka memandang penampilan, tapi ada juga yang hanya 30 persen melihat penampilan," jelas Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, selaku Consultant Assessment di Experd Consultant.

Penampilan memang penting dipertimbangkan sebelum melakukan wawancara karena bisa mempengaruhi persepsi user saat pertama kali bertemu. Wanita yang hobi menyanyi dan belanja itu mencontohkan, misalnya ada seorang pelamar yang datang hanya memakai sandal sehingga pewawancara sudah beranggapan bahwa pelamar tidak serius mau bekerja.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan penampilan. Bahkan bila memungkinkan membawa baju cadangan. Pakaian cadangan berguna untuk mengganti baju Anda bila lecek, keringetan, atau terkena noda makanan. Carilah busana yang membuat Anda tampak profesional agar meyakinkan pewawancara bahwa Anda siap bergabung dalam perusahaan.

"Tunjukkan kalau kita sangat ingin bergabung dengan perusahaan, diri kita siap bergabung dengan perusahaan, profesional look harus ditampilkan," ujar wanita lulusan Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran itu.

Penulis : Arina Yulistara 

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DVD DAHSYAT SUKSES DI DUNIA KERJA DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar