Faktor-Faktor yang Buat Anda Mudah Naik Jabatan


Tak sedikit orang mempunyai kesempatan mendapatkan promosi jabatan dalam waktu cepat. Beberapa dari mereka berhasil naik jabatan karena faktor tertentu atau biasa disebut faktor X. Sebenarnya, faktor X apa yang membuat seseorang mudah dipromosikan agar segera naik jabatan?

"Orang-orang yang sudah memiliki prestasi tinggi, kompetensinya bagus, kalah dengan orang yang kenal baik manajemen atau dia memang bisa melakukan interaksi yang enak dengan manajemen. Itu yang dinamakan faktor X," jelas Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, seorang Chief Consultant Assessment dari Experd Consultant, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).
Selain itu, faktor X bisa juga karena kenal dengan pihak manajemen perusahaan atau pernah bekerja sama sehingga mudah mendapatkan promosi jabatan. Ibu tiga anak itu menuturkan, bila ada beberapa orang pilihan untuk naik jabatan, faktor X pasti mempengaruhi keputusan. Orang yang dekat dengan manajemen yang pasti pertama dipilih.

"Kalau misalnya ada dua kandidat sehingga orang tersebut yang memiliki kedekatan lebih baik dengan pihak manajemen pastinya akan dipilih duluan," ujar wanita lulusan Universitas Padjajaran itu.

Cherry menambahkan, bagaimanapun juga pihak manajemen perusahaan ingin bekerja sama dengan orang yang bisa diajak kerja sama serta satu tujuan dengan mereka. Tidak salah jika mereka memilih orang yang sudah dekat dan terpercaya.

Hal ini diakui oleh seorang praktisi Human Resource (HR), Kurnia Fitra Utama yang saat ini bekerja sebagai Compesation Benefit and HR Information System Manager. Ia menjelaskan bahwa faktor X merupakan kompetensi.

Karyawan akan mudah naik jabatan jika mampu membina hubungan baik sesama rekan kerja dan bisa mengerti harapan atasan. "Kalau bisa membawa diri (dan) menerjemahkan kemauan atasan dengan baik, (faktor X) termasuk kompetensi," papar Kurnia.

Penulis : Arina Yulistara 

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar