Arti Penting Salesman Bagi Seorang Medical Representative

Pic. Source : www.123rf.com
Kebanyakan teman-teman Medical Representative menganggap bahwa salesman distributor adalah bawahannya, yang bisa dimarahi dan diperintah. Hal ini bisa terjadi, karena principal ( perusahaan farmasi) menganggap bahwa ia lebih superior dibandingkan distributornya. Padahal antara principal dan distributor sebenarnya memiliki kedudukan setara, sama-sama membutuhkan, yang satu tidak lebih tinggi ataupun rendah dibandingkan yang lainnya.

Kali ini saya lebih menyorot pada posisi salesman. Memang, biasanya tingkat
pendidikan salesman dan Medical Representative berbeda, namun itu tidak berarti bahwa seorang Medical Representative boleh menjaga jarak dengan salesman. Medical Representative membutuhkan salesman untuk taking order ke apotek maupun rumah sakit. Kalau salesman tidak melakukan taking order, bagaimana produknya akan tersedia di apotek?

Jumlah kunjungan per-hari seorang salesman ke apotek jauh lebih banyak dari pada target kunjungan per-hari seorang Medical Representative. Mereka bahkan bisa mengunjungi lebih dari 20 apotek perhari, dan ada target minimal strike, yakni apotek yang order ke distributor.

Padahal masing-masing salesman, bisa memegang produk lebih dari 1 principal. Katakanlah seorang salesman memegang produk dari 10 principal, dan dari masing-masing principal ada 50 item produk, maka total produk yang dibawanya adalah sebanyak 500 item. Sementara seorang Medical Representative biasa memegang 5-10 item, oke katakanlah 10 item. Maka nilai yang 10 item ini adalah 100% bagi seorang Medical Representative, tapi bagi salesman, itu berarti 10/500 atau cuman 2% dari total produk yang dibawakannya.

Dari ilustrasi tersebut, maka semestinya setiap Medical Representative menyadari bahwa angka kepentingannya hanya bernilai 2% bagi salesman. Lagipula, secara value, target salesman jauh lebih tinggi dari pada Medical Representative, sehingga dengan demikian, salesman akan menjual apa saja yang menurutnya laku. Sementara Medical Representative memiliki target yang memiliki promotion cycle (product cycle) yang berbeda setiap bulannya. 

Pemahaman akan posisi seperti ini akan membuat seorang Medical Represntative harus "bersaing" juga di mind-set salesman, agar produk yang dibawakannya bisa dikenal baik dan dengan senang hati ikut dipasarkan oleh salesman ke apotek-apotek.

Semoga informasi ini berharga bagi rekan-rekan lainnya. Selamat berkarya dan sukses selalu buat Anda!

Author: Embepe

Klik ini: e-book Medical Representative , berisi pemaparan lengkap mengenai profesi Medical Representative.

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:


DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.

2 komentar: