Tips Atasi Rasa Jenuh Saat Bekerja di Kantor yang Tak Menyenangkan


Anda pasti pernah memiliki pengalaman bekerja pada suatu perusahaan yang tidak Anda sukai? Atau mungkin saat ini Anda tengah menjalaninya?

Bekerja di awal-awal bulan rasanya masih dapat dinikmati sebagai suatu pengalaman yang baru, perkenalan dengan jenis pekerjaan, lingkungan kantor, dan sebagainya. Tapi, apa jadinya kalau ternyata pekerjaan yang tengah dijalani ini benar-benar tidak menyenangkan?

Beberapa orang yang beruntung dapat segera mengundurkan diri dan mencari perusahaan yang sesuai dengan keinginannya, sementara beberapa orang lainnya tidak bisa keluar karena telah terikat kontrak. Jika Anda termasuk salah satunya, berikut cara yang dikutip dari She Knows agar Anda sedikit mendapat ‘pencerahan’ dari rasa yang menjemukan di kantor.

Tahap 1: Menerima Kenyataan
Membutuhkan sedikit kerja keras untuk menerima kenyataan bahwa Anda sedang menjalani pekerjaan yang ternyata tidak Anda sukai. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima kenyataan dan berusaha merefleksikannya dalam hidup Anda. Anda dapat melakukan kritik terhadap diri sendiri dan mulai menganalisa situasi. Kritik terhadap diri sendiri baik dilakukan semata-mata untuk mencari jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi.

Ajukan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri, seperti apa motivasinya menerima pekerjaan ini? Apakah karena faktor uang, lokasi, batu loncatan menuju sesuatu, atau lainnya? Beberapa pertanyaan itu akan memperjelas tujuan dari mana Anda memulai dan di mana Anda saat ini. Kemudian, buatlah catatan tentang harapan yang diinginkan dengan kenyataan yang telah didapat saat ini.

Contohnya:
Saya mengambil pekerjaan ini karena ini adalah pekerjaan pertama setelah saya lulus kuliah. Menjadi, saya harus mengembangkan posisi dan karir saya lebih dari ini.
Saya mengambil pekerjaan ini karena gajinya besar. Menjadi, saat ini uang tidak penting bagiku.

Kalimat-kalimat dasar tersebut dapat membantu mengatur pikiran Anda agar lebih teratur ketika berada dalam suatu masalah. Setelah melakukan tahap pertama ini, sekarang beralih ke tahap selanjutnya.

Tahap kedua: Melihat Perspektif Lain dari Pekerjaan
Setelah Anda membuat rangkaian masalah dengan merunut beberapa hal seperti pada tahap pertama, perhatikan, apakah hal tersebut telah mengganggu Anda? Beberapa orang yang membuat hipotesa tersebut merasa tidak dapat menguasai posisi mereka saat ini.

Jika hal ini terjadi pada Anda, cobalah untuk berbicara kepada atasan dan katakan bahwa pekerjaan tersebut tidak memotivasi dan memberikan kemajuan bagi karir Anda. Tapi, jika ternyata usaha yang dilakukan tidak berhasil, cobalah menahan diri dan berusaha melihat pekerjaan dengan perspektif yang lain. Cara ini akan menyadari Anda bahwa pekerjaan yang dimiliki tidak seburuk yang Anda bayangkan.

Tahap Ketiga: Mencari Kegiatan Lain yang Menyenangkan
Ketika Anda sangat tidak menyukai pekerjaan dan benar-benar merasa depresi melakukan segala tanggung jawab yang diberikan kepada Anda, cobalah melakukan kebiasaan sehat seperti berolahraga, dan meluangkan waktu bersama teman-teman dengan kegiatan positif.

Menyalurkan hobi menjadi sebuah kebiasaan adalah salah satu bentuk yang dapat Anda lakukan untuk menstimuli perasaan positif dari dalam tubuh dan menetralisir perasaan jenuh selepas pulang dari kantor.

Penulis: Dwiyasista W. Sekartaji 

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

1 komentar: