Siapa Teman Ngopi Pagi Anda?


Inspirasi bisa mendatangi saya dari berbagai pintu. Di antaranya lewat buku yang saya baca.
#NasehatDiri


Inspirasi The Greates Guide
Siapakah orang yang menemani Anda setiap minum kopi pagi? 
Beberapa hari ini, Robin Sharma berkenan meluangkan waktunya untuk menikmati secangkir White Coffee bersama saya. Oh ya, ngomong-ngomong, apakah Anda mengenal siapa Robin sharma?

Robin Sharma adalah CEO Sharma Leadership International. Perusahaan jasa yang melayani pelatihan dan Coaching. Perusahaan ini membantu organisasi untuk mengembangkan para pegawainya, supaya menemukan pontensi terbesar dalam diri mereka. 


Sehingga, saat mereka menjadi pemimpin, mereka menjadi pemimpin yang berpengaruh untuk teamnya. Robin telah menulis 8 buku. Dan dua bukunya yang fenomenal “The Monk Who Sell His Ferari” dan “The Greatest Guide”.


Secangkir kopi bersama Gandhi
Buku The Greatest Guide—penerbit BIP telah menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia—berisi tentang 101 ide bisnis dan kehidupan penuh bermakna. Nah, catatan saya sekarang, idenya, erat kaitan dengan isi buku The Greatest Guide. Karena—tema catatan saya kali ini—menyadur judul artikel pada buku tersebut. Secangkir kopi bersama Gandhi.


Robin mengatakan kepada saya—bahwa pertemanan—dengan siapa kita berkawan? Sangat mempengaruhi pola pikir dan perilaku kita. Oleh sebab itu, cara mengisi pemikiran cemerlang adalah, sering-sering duduk bareng, sambil menikmati kopi bersama orang-orang bijaksana. 


Namun, terkadang kita mempunyai kendala waktu untuk bertemu dengan orang-orang yang kita idolakan. Apalagi beberapa di antara mereka telah berpindah tempat tinggal (baca; meninggal). Terus, bagaimana cara bisa bercengkrama dengan mereka? Solusinya adalah, mengoleksi kumpulan catatan tangan mereka. Pastikan rak buku pustaka pribadi kita, terisi buku tentang mereka.


Cukup sejam sehari
Sementara itu, Robin menceritakan. Setiap hari dia meluangkan waktu satu jam untuk membaca buku. Satu jam waktu untuk berpikir. Sementara menulis, kapanpun ide datang, maka dia segera mengikatnya. Isi buku The Greatest Guide adalah kumpulan ide-ide muncul bukan hanya saat dia merenung. 


Akan tetapi, terkadang, saat makan bersama keluarga. Mengantar anaknya ke tempat olah raga. Bahkan, terkadang ketika mengguyur air ke seluruh tubuh (baca; mandi).


Kembali dengan cara mengisi pikiran hebat. Robin memberi contoh, bagaimana dia menghabiskan waktu bersama Gandhi setiap minum kopi pagi? Terkadang dia mengundang Wiliam Shakpeare. Dan tokoh-tokoh luar biasa lainnya—menurutnya orang-orang yang patut kita ikuti sejarah hidup mereka.


Siapa teman ngopi pagi Anda?
Nah, sidang pembaca. Bagaimana kalau sekarang kita luangkan waktu sejenak. Setiap hari, sedikitnya 30 menit bercengkrama dengan para tokoh-tokoh idola kita masing-masing. Kedengarannya, menyenangkan bukan? Apalagi Anda sudah mengetahui sekarang, bagaimana menghadirkan mereka ke tempat Anda? Seperti saya mengajak Robin Sharma untuk menemani saya minum kopi pagi ini.


Jawab pertanyaan saya ini ya. Siapa tamu Anda besok pagi?


Sumber : http://www.rahmadsyah.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar