Sang Penyelam


Ahli hikmah mengatakan bahwa perjalanan hidup manusia, tidak ubahnya bagaikan seorang penyelam mutiara. Seorang penyelam mutiara dalam melaksanakan tugasnya selalu berbekal tabung oksigen yang dibawa di punggungnya . Ketika ia hendak terjun menyelam, niatnya tiada lain hanya ingin mencari tiram mutiara sebanyak - banyaknya.
Tetapi begitu terjun ke laut, ketika saat itu pula ia mulai lupa pada tiram yang harus dicarinya. Pemandangan dilaut yang sangat mempesona dengan bunga karang dan ikan hias yang berwarna warni sangat indah membuatnya silau.Ia pun terlena bercanda ria mengejar-ngejar ikan yang berwarna warni dan melupakan tugas semula mencari tiram mutiara yang berada jauh didasar laut.Hingga pada saat akhirnya, diapun sadar bahwa oksigen di punggung tinggal sedikit lagi. Maka, timbulah rasa takutnya yang tidak terbayangkan olehnya bagaimana kemarahan majikannya kelak bila ia muncul ke permukaan tanpa membawa tiram mutiara yang diharapkan. Dengan tergesa-gesa karena oksigennya dalam tabung hampir habis,ia berusahaa mengambil tiram yang ada sebanyak-banyaknya.Namunsayang, fisiknya kelelahan setelah bercanda ria dengan ikan hias yang indah-indah itu tidak menunjang lagi, sehingga terjadilah " nafsu besar kurang tenaga".

Akhirnya isi tabung oksigennya benar-benar habis, sehingga meskipun tiram mutiara yang dibawanya sangat sedikit, ia mau tidak mau harus muncul ke permukaan. Malangnya lagi karena terburu-buru, dia tidak sempat mengikat kantongnya dengan baik, sehingga begitu tersenggol ikan yang berseliweran disampingnya, tiram mutiara yang sudah didapatnya dengan susah payah itu tumpah keluar.

Di permukaan, majikannya sudah menunggu. Ketika dilihatnya isi kantong si penyelam tidak berisi tiram mutiara sebagaimana yang diharapkan, maka ia pun langsung dipecatnya tanpa diberi pesangon sedikitpun. Dengan penuh penyesalan si penyelam berusaha meminta kesempatan ulang untuk menyelam kembali, namun majikannya menolak.

Yang ingin disampaikan dalam kisah ini, yaitu perumpamaan-perumpamaan yang begitu mirip dengan perjalanan hidup manusia didunia. Tabung oksigen melambangkan umur manusia, tiram mutiara mengibaratkan pahala, dan tiram mutiara yang tumpah mengumpamakan pahala yang hilang karena riya, sedangkan keindahan yang ada dalam lautan melambangkan godaan - godadan akan keni'matan duniawi.

Semoga kita tidak tergolong dalam "Penyelam Yg Lupa Diri". Amien.

Sumber : milis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar