Teknik Merekrut Karyawan


Perusahaan yang sehat memerlukan sumber daya manusia yang tepat. Sebagaimana pendapat Jim Collin dalam good to Great, SDM bukanlah aset perusahaan, tetapi orang yang tepat adalah aset perusahaan.
Pertanyaannya adalah bagaimana cara yang tepat untuk merekrut karyawan?
Menurut Heppy trenggono (2010) dan Tung Desem Waringin (2010), ada 3 kriteria yaitu

PIS !
P= passion
I = Integrity
P= Skill
  • Passion
       Merupakan arti dari semangat, gairah, antusiasme.
  • Integrity
      Adalah arti dari rasa tanggung jawab, jujur, dedikasi.
  • Skill
      Skill atau keahlian menunjukan kemampuan atau atau keahlian dalam    
      pekerjaan

Hobi
Hobi menunjukan karakter seseorang. Hobi renang, squash, joging menunjukan kurangnya kemampuan bekerja dalam team, hobi sepak bola, basket dll menunjukan ada potensi untuk bisa bekerja dalam team.

Komitmen
Untuk menguji komitmen, ujilah dengan merubah waktu dan tempat wawancara secara mendadak. Misal untuk marketing ubahlah tempat interview dengan jarak agak jauh dan di waktu agak malam, jam 12 contohnya.

Test Kejujuran dan Dedikasi
Katakan kepada Mereka bahwa anda akan di test, tentang kejujuran dan dedikasi anda terhadap kantor, sehingga mereka akan selalu merasa diperhatikan dan waspada takut berbuat nakal. Lakukan test tersebut dengan mencoba memastikan kejujuran mereka. Misalnya mintalah mereka membelikan sesuatu ke toko langganan tapi kita sudah kontak ke toko bahwa kita sedang mengetest kejujuran anak buah kita.
Jika tidak jujur segera keluarkan, apalagi karyawan kita orang pintar maka akan semakin besar ia mencuri dari kita.

Menurut teman saya seorang mantan associate konsultan bisnis dari Australia mengatakan (penulis coba simpulkan); secara umum pekerjaan kantor bisa dibagi jadi 2 bagian :

1. Bagian internal
Ciri Karyawan internal adalah tidak banyak bicara dan serius, teliti dalam pekerjaan dan mempunyai wajah yang kurang ekspressif. Rapi dalam berpakain dan cenderung kaku bersosialisasi.

2. Bagian Eksternal
Ciri karyawan untuk bagian marketing dan front office adalah orang yang banyak bicara n ekspresif, orang type ini mempunyai potensi untuk mempengaruhi orang secara baik.

Dalam job interview untuk melihat karakter orang yang pas dalam pekerjaan bisa kita lihat dari kebutuhan jenis pekerjaan yang dibutuhkan.

Tipikal karakter orang administrasi, adalah tidak banyak bicara, senang berbuat, dan cenderung pasif. Untuk orang marketing atau bagian penjualan, tipikal karakernya adalah ekspresif, banyak bicara dan sangat terlihat mudah akrab.

Jenis pertanyaan yang diajukan kepada pelamar sebaiknya pertanyaan yang memancing pelamar berbicara, kurangilah pembicaraan satu arah (jawaban ya atau tidak.

Contoh pertanyaan yang bisa diajukan yaitu : coba ceritakan pengalaman kerja anda, program apa yang akan anda lakukan seandainya anda diterima dibagian marketing ? Jika dia bisa menjawab dengan baik berarti dia orang yang sesuai untuk pekerjaan itu.

Rumusan 1:3:5
Pak Tung berkata Jika kita membutuhkan 1 orang karyawan maka kita bisa menseleksi 5 calon, kemudian kita pekerjakan 3 orang selama 3 bulan secara kontrak dan akhirnya kita pilih satu yang terbaik.
Ingat; usahakan tidak merekrut saudara (family) di dalam kantor, karena dia akan kesulitan membedakan hubungan kerja dengan persaudaraan dan mencegah konflik dikemudian hari yang bisa mengganggu kita.

Semoga bermanfaat…
Amiin…

Salam dahsyat…
Author: Ali Norman

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar