Jawaban Pertanyaan Interview Kerja: Ceritakan tentang diri Anda

Bayangkan situasi ini, Anda berjalan ke ruang interview, berjabat tangan dengan pewawancara dan duduk dengan senyum terbaik Anda kepadanya. Coba tebak pertanyaan pertama mereka? "Ceritakan tentang diri Anda!"
Apakah Anda akan bercerita panjang lebar dan benar-benar menceritakan segala hal tentang diri Anda? Apakah Anda akan menghabiskan 5 menit berikutnya mengoceh tentang apa, pribadi easy-going , loyal, berdedikasi,  dan karyawan pekerja keras? Jika hal ini terjadi, Anda memiliki kesempatan yang baik membuat bosan pewawancara Anda sampai mati sehingga menciptakan kesan pertama yang negatif.
Karena itu pertanyaan umum interview, maka sungguh aneh bahwa seorang kandidat pelamar tidak menghabiskan waktu untuk mempersiapkan dengan baik bagaimana menjawabnya. Mungkin karena pertanyaan itu tampak begitu informal, sehingga pembicaraan menjadi melantur. Tahan godaan untuk melakukannya semuanya.
Pewawancara Anda tidak mencari disertasi 10 menit di sini. Sebaliknya, menawarkan kalimat setajam silet untuk diskusi lebih lanjut dan membedakan Anda dari pesaing Anda.

Unique Selling Proposition (USP)
Beri mereka sinopsis tentang Anda, khususnya Unik Selling Proposition. Dikenal sebagai branding pribadi atau pernyataan nilai-tambah. USP itu singkat, satu kalimat deskripsi tentang siapa Anda, kekuatan terbesar dan manfaat besar untuk perusahaan akan berasal dari kekuatan ini. Berikut adalah contoh dari Unique Selling Proposition: "Saya seorang Retail Manager berpengalaman, kuat dalam mengembangkan program pelatihan dan teknik pencegahan kerugian yang telah menghasilkan penghematan pendapatan lebih dari $ 2.3Million untuk PT ABC selama 11 tahun terakhir."
Apa perbedaan yang Anda buat dengan pernyataan ini. pewawancara Anda sekarang duduk ke depan kursinya memberikan Anda perhatian penuh. Pada titik ini, Anda bisa menambahkan kalimat berikut: ". Saya ingin membahas bagaimana saya mungkin bisa melakukan hal seperti itu untuk Anda" Bola kini kembali di pengadilan dan Anda memiliki awal dari sebuah diskusi nyata dan bukan proses interogasi.
Contoh lain:  “Saya Eliana Burthon, anak pertama dari lima bersaudara. Sejak SMA, saya aktif di koran sekolah. Disitu saya menulis, mewawancarai orang-orang di sekitar saya dan berhubungan dengan mereka. Dari situ saya sadar alangkah menariknya bisa bertemu dengan orang banyak, berdiskusi dan mengetahui banyak hal dari mereka. Diluar itu, saya senang musik, membaca dan traveling. Ketika kuliah, saya sering menulis pengalaman jalan-jalan saya, atau sekedar memberi referensi kaset yang sedang laris untuk koran kampus saya.”


Jadilah Spesifik
Kuncinya adalah bahwa Anda harus memimpin diskusi dengan kelebihan Anda yang terbesar untuk perusahaan. Jadilah spesifik dan tidak berkeliaran dengan beberapa daftar keterampilan atau bakat. Pastikan untuk menempatkan nilai moneter pada pekerjaan Anda jika mungkin dan siap dengan rincian bila Anda dipanggil. Memberikan estimasi nilai ke Rp atau US $, maka Anda telah  membantu penilaian dari perusahaan.

Bersiaplah!
Ketika Anda akan menghadapi sebuah interview, ingatlah untuk selalu mengharapkan pertanyaan "ceritakan tentang diri Anda" . Siapkan terlebih dahulu dengan mengembangkan pernyataan personal branding yang dengan jelas mengatakan siapa Anda, kekuatan utama Anda dan manfaat jelas bagi perusahaan bila Anda diterima. Kelebihan dari pendekatan ini adalah bahwa Anda akan segera mendapatkan perhatian mereka dan minat mereka untuk mengetahui akan lebih banyak. Anda akan sangat berbeda dan lebih menarik dari pesaing Anda. Anda juga akan memiliki kesempatan yang lebih tinggi menjadi positif untuk ingat dan diterima bekerja.



DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.
Sumber www.about.com

readbud - get paid to read and rate articles

2 komentar:

  1. sangat membantu..sering sekali saat akan wawancara tidak memperhatikan dan menyiapkan personal branding. http://jengkrung-belajargitar.blogspot.com/



    BalasHapus
  2. boleh lah tips nya, lagi nyari2 banyak nyari refrensi.

    Muslim wedding organizer

    BalasHapus